KKN UPN “Veteran” Jatim Gandeng UMKM di Sidoarjo

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Mahasiswa Universitas Pembangunan Negeri (UPN) “Veteran” Jawa Timur menggandeng pengusaha industri rumahan (UMKM) di Kelurahan Magersari Sidoarjo dalam menempuh program Kuliah Kerja Nyata (KKN).

UMKM aneka jenis sabun pembersih kuman dan bakteri ini mampu mengembangkan pemberdayaan masyarakat sekitarnya di tengah pandemi Covid-19. KKN UPN Veteran Jawa Timur ini diikuti 24 mahasiswa dan digelar 7 Juli – 27 Juli 2021.

Koordinator KKN Tematik Belanegara UPN Veteran Jawa Timur, Silma Nuril Jannah mengatakan, dalam pelaksanaan KKN telah disiapkan lima divisi atau kelompok, guna menjalankan program kerja.

Kelima divisi tersebut yakni divisi pendidikan dan kesehatan, inovasi dan teknologi, komunikasi dan informasi, sosial dan pemberdayaan masyarakat serta kewirausahaan.

Menurut Silma, sapaan Silma Nuril Jannah, dari program kerja KKN yang sudah dibuat ini sangat cocok untuk disosialisasikan terhadap kalangan masyarakat khususnya pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di tengah era digital.

Misalnya, dari divisi kewirausahaan, lanjut Silma, akan memberikan sosialisasi ke masyarakat, cara menggunakan sosial media (sosmed) agar bermanfaat.

“Di masa serba digital, sosmed sangat bermanfaat difungsikan sebagai ajang promosi produk. Masyarakat di sini, khususnya pelaku UMKM cara melakukan promosi produk hingga cara memanfaatkan aplikasi keuangan untuk melakukan pencatatan secara digital,” katanya kepada suryakabar.com, Kamis (8/7/2021).

upn

Dalam masa pandemi Covid-19 ini, kata Silma, bersama rombongannya akan menyosialisasikan tentang ilmu pengetahuan dan teknologi juga melaksanakan kegiatan tentang kesehatan masyarakat.

Silma pun menambahkan, dari divisi kesehatan pihaknya juga telah melakukan kerjasama dengan pengusaha rumahan, produsen aneka sabun anti kuman dan bakteri. Sehingga, sosialisasi tentang kesehatan bisa mudah dijalankan.

“Dalam bidang iptek akan diajarkan kepada masyarakat bagaimana cara budidaya tanaman hidroponik bernilai ekonomis,” jelasnya.

“Sedangkan, dari divisi yang lain, seperti divisi kesehatan akan dimaksimalkan perannya dengan turut meningkatkan kesehatan masyarakat. Di sini kami dibantu pengusaha aneka sabun. Diberikan beraneka sabun untuk disalurkan ke warga dan melakukan perawatan lingkungan sekitar,” imbuhnya.

Terpisah, pemilik usaha aneka sabun anti bakteri dan kuman di Kelurahan Magersari, Bagus Sugeng Hendrawan menyambut baik kedatangan mahasiswa KKN dari UPN Veteran Jawa Timur.

Terlebih, kata Bagus, sapaan Bagus Sugeng Hendrawan, di tengah masa pandemi Covid-19, selain tengah meningkatkan produksi, melakukan pengembangan usaha, juga melakukan program pemberdayaan masyarakat sekitar.

“Kami tengah melakukan pengembangan usaha, sekaligus mengajak warga terdampak pandemi, anak yatim serta fakir miskin untuk diajak menjadi tim. Mereka kami ajak, mulai produksi hingga pemasarannya,” ujarnya.

“Hadirnya rombongan teman-teman mahasiswa, kami juga merasa terbantu dalam peningkatan kualitas tim. Edukasi serta wawasan tentang pengembangan usaha yang diberikan nantinya semoga bermanfaat,” harap Bagus, yang juga sebagai anggota Ansor Ranting Kelurahan Magersari ini. (sty)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *