Disperindag Sidoarjo Terus Berupaya Tingkatkan Kualitas 19 Pasar

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sidoarjo, memberikan sosialisasi tentang penataan dan pengelolaan pasar yang baik, terhadap pengelola maupun pedagang di pasar yang ada di Sidoarjo, Senin (14/6/2021).

Pada kegiatan sosialisasi bertema Strategi Pemasaran di Era Global, diikuti ratusan peserta baik dari pihak pengelola pasar maupun pedagang. Harapannya, pasar-pasar yang ada di Sidoarjo semakin nyaman, indah, dan bersih.

Kepala Bidang Pasar Rakyat Disperindag Sidoarjo, Nawari mengatakan, peserta tidak hanya dibekali tentang managemen pemasaran saja. Tapi juga dibekali ilmu pengetahuan tentang bagaimana melakukan managemen, atau pengelolaan keuangan.

“Untuk mengelola pasar yang baik juga perlu adanya peningkatan sumber daya manusia (SDM) yang baik juga,” katanya kepada suryakabar.com, Senin (14/6/2021).

“Oleh karena itu, mereka dalam acara itu, diberikan wawasan tambahan, tentang cara melakukan managemen keuangan dengan baik,” sambungnya.

Kata Nawari, di Sidoarjo terdapat 19 pasar dengan berbagai tipe, tersebar di 18 kecamatan yang dikelola pemerintah.

Misalnya, dari 19 pasar yang masuk dalam kategori tipe A adalah, pasar dengan jumlah lebih dari 500 pedagang, di antaranya pasar Porong, Sidoarjo, Krian, dan Taman.

“Di sini ada tujuh pasar masuk kategori tipe A, dan sisanya masuk kategori tipe B dan C ini yang nantinya akan terus didorong menjadi lebih maju,” ujarnya.

Menurut Nawari, pihaknya perlu melakukan komunikasi secara intensif antara pengelola dan para pedagang di pasar-pasar yang kini dikelola pemerintah.

Dengan harapan terwujudnya lingkungan pasar yang nyaman, indah, dan bersih, sehingga timbul rasa kepedulian pedagang terhadap objek-objek di lingkungan pasar yang ada di Sidoarjo.

“Untuk mewujudkan harapan yang baik itu, maka pengelolaan pasar agar tidak hanya dilakukan pemerintah saja, tapi berkolaborasi dengan pedagang,” pungkasnya. (sty)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *