PC NU Sidoarjo Keluarkan Rincian Waktu Gerhana Bulan Total, Ajak Warga Nahdliyin di Sidoarjo Shalat Gerhana Bulan

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Pimpinan Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Sidoarjo melalui Lembaga Falakiyah telah mengeluarkan maklumat tentang Gerhana Bulan Total. Menurut data astronomi, Gerhana Bulan Total akan terjadi, Rabu (26/5/2021).

Dalam maklumat tersebut, pengurus Lembaga Falakiyah NU Sidoarjo, mengajak warga Nahdliyin di Sidoarjo, umat muslim umumnya melaksanakan Shalat Gerhana Bulan (khusuf).

Dalam keterangan pada surat yang dikeluarkan, Kamis (20/5/2021), pelaksanaan Shalat Khusuf bisa dilakukan di masjid atau mushola.

Ketua Lembaga Falakiyah NU Sidoarjo, Agus Arifudin mengatakan, Shalat Gerhana Bulan hukumnya sunnah muakkad atau yang dianjurkan untuk dikerjakan.

Menurut Agus, sapaan Agus Arifudin yang juga ustad di Pondok Pesantren (Ponpes) Manba’ul Hikam, Sidoarjo ini, akan mengajak para santri atau siswa melakukan Shalat Gerhana Bulan.

“Falakiyah, atau tentang ilmu Falak ini juga masuk dalam kurikulum di sini. Keilmuan Falak diajarkan ke siswa kelas 11 dan 12. Secara tidak langsung di sini, setiap ada gerhana melaksanakan shalat sunnah itu,” katanya kepada wartawan termasuk suryakabar.com, Selasa (25/5/2021).

BACA JUGA:

Menurut Agus, pihaknya telah melakukan perhitungan peristiwa Gerhana Bulan melalui metode dari kitab Falak dikombinasi ilmu astronomi.

Hasilnya, lanjut Agus, ditemukan perhitungan terjadinya Gerhana Bulan mulai pukul 16:44.56 WIB, dan akan berlangsung sekitar tiga jam.

Agus menambahkan, sesuai hasil hisab atau perhitungan Pengurus Lembaga Falakiyah NU Sidoarjo peristiwa Gerhana Bulan Total akan terjadi secara bertahap.

“Di Ponpes sini, pelaksanaan Shalat Gerhana Bulan dilakukan setelah Shalat Maghrib. Selanjutnya diisi khutbah Shalat Gerhana Bulan, termasuk nanti akan ada nonton bareng Gerhana Bulan di sini,” pungkasnya. (sty)

Rincian Waktu Gerhana Bulan di Sidoarjo sesuai Maklumat:
Awal Gerhana Pukul 16:44:56 WIB.
Awal Total Pukul 18:11:20 WIB.
Puncak Gerhana Pukul 18:18:41 WIB.
Akhir Total Pukul 18:26:02 WIB.
Akhir Gerhana Pukul 19:52:25 WIB.
Lama Total, 14 menit, 42 detik.
Lama Gerhana, 3 jam, 7 menit, 29 detik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *