Kemenkeu Mengajar 5 di Malang Raya Libatkan Lima Sekolah, Termasuk SMA N 3 Malang

MALANG, SURYAKABAR.com – Kementerian Keuangan (Kemenkeu) kembali menggelar Kemenkeu Mengajar (KM). Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, kegiatan pada KM edisi kelima (KM 5) ini dilaksanakan secara virtual/daring. Tidak ada tatap muka pada hari mengajar.

Kegiatan KM 5 dalam kaitan memperingati Hari Oeang Republik Indonesia ke-74 tahun 2020 ini ber-tagline, Dari Kami Untuk Negeri.

KM 5 digelar serentak di seluruh Indonesia, Senin (30/11/2020). Tahun ini, sekolah yang dilibatkan dari SD hingga SMA dan sederajat, baik itu negeri maupun swasta. Pada tahun-tahun sebelumnya hanya SD saja.

Di Malang Raya, KM 5 melibatkan lima sekolah yakni SDN Bareng 3 Kota Malang, SDN Tunjungsekar 1 Kota Malang, SDIT Ahmad Yani Malang, SMP Negeri 1 Lawang dan SMA Negeri 3 Malang. Tahun lalu Kemenkeu Mengajar di Malang Raya dilakukan di 14 SD.

Antusias sekolah di Malang Raya mengikuti KM 5 cukup tinggi. Setidaknya itu terlihat di SMA N 3 Malang. “Mereka sangat antusias. Bahkan mereka berkeinginan menambah jumlah siswa atau siswi dalam rombel (rombongan belajar) dari yang didaftarkan sebelumnya. Kami siap mengakomodasi dan memberikan yang terbaik untuk siswa atau siswi di SMA N 3 Malang,” ujar Okky Verizky Nobelta, Relawan Fasilitator KM 5 di SMA N 3 Malang menjawab suryakabar.com, Sabtu (28/11/2020).

BACA JUGA:

Menurut Okky, total siswa SMA N 3 Malang yang akan mengikuti zoom meeting KM 5 yakni 484 siswa. Mereka terbagi dalam tujuh rombel. Rinciannya rombel 1 (64 siswa), rombel 2 (67 siswa), rombel 3 (72 siswa), rombel 4 (73 siswa), rombel 5 (69 siswa), rombel 6 (70 siswa) dan rombel 7 (69 siswa).

Kegiatan KM 5 di SMA N 3 Malang ini akan dihadiri Direktur Jenderal Kekayaan Negara, Isa Rachmatarwata dan Direktur Barang Milik Negara, Direktorat Jenderal Kekayaan Negara, Encep Sudarwan beserta kakak-kakak relawan dari Kementerian Keuangan.

km di malang 2
Geladi bersih Kemenkeu Mengajar 5 secara daring di SMA N 3 Malang.

Kegiatan ini juga akan mendapat sambutan khusus dari Kepala Perwakilan Kementerian Keuangan Provinsi Jawa Timur, Etto Sunaryanto.

KM daring khusus tahun ini merupakan kegiatan mengajar selama satu hari di sekolah dengan durasi 2×45 menit yang dilaksanakan pegawai Kementerian Keuangan yang mendaftar sebagai relawan.

Relawan akan mengajarkan bagaimana peran Kementerian Keuangan dalam upaya menjaga ekonomi negeri termasuk dalam program Pemulihan Ekonomi Nasional guna menangani dampak COVID-19. Selain itu, tak lupa memperkenalkan profesi yang ada di Kementerian Keuangan dan mengajarkan nilai-nilai dan semangat yang dibawa Kementerian Keuangan.

Relawan juga mengajak setiap siswa dan siswi untuk berkontribusi dengan membeli produk dalam negeri dan UMKM.

Teknis mengajar dilakukan daring dengan menyesuaikan fasilitas yang digunakan sekolah dan sepenuhnya menggunakan platform video conference.

Model pengajaran menggunakan kombinasi antara video, materi dan keterlibatan siswa dan siswi dalam pelaksanaannya.

Selain kegiatan di kelas masing-masing, KM 5 juga mengundang perwakilan 10 anak terpilih dari tiap-tiap sekolah untuk dapat diikutkan pada kelas virtual bersama Menteri Keuangan Republik Indonesia, Sri Mulyani Indrawati dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Nadiem Anwar Makarim

bersama Wakil Menteri Keuangan, Sekretaris Jenderal, dan para Pejabat Eselon I turut menjadi relawan dan turun langsung mengajar bersama relawan pegawai. (es)

5 Sekolah Tempat Pelaksanaan KM 5 Wilayah Malang Raya

1. SDN Bareng 3 Kota Malang

2. SDN Tunjungsekar 1 Kota Malang

3. SDIT Ahmad Yani Malang

4. SMP Negeri 1 Lawang

5. SMA N 3 Malang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *