Pilkada Surabaya
PDI-P Umumkan 75 Calon Kepala Daerah Selasa Depan, Medan dan Surabaya Bikin Penasaran Masyarakat

SURABAYA, SURYAKABAR.com – Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri akan mengumumkan pasangan calon (paslon) kepala daerah dan wakil kepala daerah gelombang III untuk Pilkada Serentak 2020, Selasa (11/8/2020). Pengumuman akan dilakukan melalui telekonferensi.

Hal ini disampaikan Sekjen DPP PDI-P, Hasto Kristiyanto dalam rilis resminya, Minggu (9/8/2020). “Sesuai momentum peringatan Proklamasi Kemerdekaan ke-75 RI, jumlah paslon yang diumumkan pun mengambil angka simbolik 75. Sebelumnya, pengumuman gelombang II juga mengambil angka simbolik 45,” ujar Hasto.

Semangat cinta Tanah Air, menurut Hasto, sangat penting. Bahkan, Megawati Soekarnoputri selalu menegaskan, membumikan Pancasila bagi tatanan masyarakat Indonesia yang bebas dari segala bentuk penjajahan memerlukan rasa cinta Tanah Air. Cara pandang melihat kemerdekaan Indonesia sebagai spirit pembebasan dan pada saat bersamaan berorientasi global guna membangun persaudaraan dunia.

“Itulah yang akan ditekankan dan bersifat wajib bagi para calon kepala dan wakil kepala daerah,” ungkap Hasto.

Untuk itu, lanjut dia, seluruh calon kepala daerah dan calon wakil kepala daerah juga diminta untuk memperkuat semangat berdiri di atas kaki sendiri.

Pelaksanaan pilkada di tengah pandemi Covid-19 justru menjadi tanggung jawab pemimpin di dalam membangun harapan rakyat, dan pada saat bersamaan menawarkan kebijakan komprehensif dengan semangat gotong royong memerangi penyebaran virus tersebut. Selain itu, juga memperkuat tradisi hidup sehat guna meningkatkan sistem imunitas rakyat.

BACA JUGA:

Lebih jauh, Hasto menegaskan, dengan semangat berdikari tersebut, seluruh calon digerakkan api perjuangan Bung Karno yang sangat meyakini, “Indonesia sebagai bangsa besar akan berdiri dengan kuatnya apabila berani meletakkan nasib bangsa dan Tanah Air di tangan diri sendiri”.

Seperti diketahui, PDI-P sebelumnya telah mengumumkan 48 paslon kepala daerah gelombang 1 pada 19 Februari 2020. Selanjutnya, paslon gelombang II diumumkan 17 Juli 2020. Jumlahnya 45 calon.

Pasangan Gibran Rakabuming Raka-Tehuh Prakosa untuk Pilkada Solo termasuk yang diumumkan pada gelombang II.

Untuk gelombang III yang berjumlah 75 calon nanti, Hasto tidak merinci nama atau daerah mana saja yang akan diumumkan. Hingga saat ini, masyarakat masih penasaran menunggu nama calon kepala daerah yang akhirnya akan diusung PDI-P, termasuk untuk Pilkada Kota Medan dan Surabaya.

Calon yang diusung PDI-P di Pilkada Medan menjadi salah satu yang ditunggu-tunggu. Sejumlah pengamat memprediksi PDI-P akan mengusung menantu Presiden Jokowi, Bobby Nasution.

Begitu juga di Surabaya, anak emas Wali Kota Tri Rismaharini, Eri Cahyadi disebut-sebut akan melanjutkan keberhasilan Risma. Tapi juga ada yang memprediksi Eri Cahyadi akan dijadikan wakil Whisnu Sakti Buana.

Sementara Hasto memastikan akan melaksanakan pendaftaran secara serentak untuk calon kepala daerah yang diusung di Pilkada Serentak 2020. Rencananya dilaksanakan pada 4 September mendatang.

”PDI-P akan melakukan pendaftaran itu pada hari pertama secara serentak pada 4 September 2020,” pungkas Hasto. (be)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *