Gagal Uji Praktik SIM Tidak Perlu Patah Semangat, Satlantas Polresta Sidoarjo Beri Pelatihan Khusus

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Satlantas Polresta Sidoarjo merespons banyaknya keluhan dari para pemohon SIM yang gagal dalam uji praktik.

Respons tersebut ditunjukkan Satlantas Polresta Sidoarjo dengan menggulirkan program pelatihan khusus kepada para pemohon SIM yang sudah tiga kali gagal dalam melaksanakan uji praktik. Program ini sudah dilakukan sejak minggu lalu.

“Pelatihan kami berikan pada Selasa dan Jumat, pukul 15.00 WIB sampai 17.00 WIB,” kata Kasat Lantas Polresta Sidoarjo Kompol Fahrian Saleh Siregar, Sabtu (12/10/2019).

Menurutnya, program ini sengaja digelar untuk menjawab keluhan para pemohon. Mereka yang tidak lulus tiga kali, dilatih hingga bisa dan kemudian ikut uji praktik lagi.

“Dengan demikian, mereka tidak akan gagal lagi saat ujian praktik. Bisa lulus dengan baik, kemudian berhak mendapat SIM,” sambung mantan Kasi STNK Subdit Regident Ditlantas Polda Jatim tersebut.

Dalam upaya memberi pelatihan ini, pihaknya menyiapkan petugas khusus. Mereka yang dipercaya menjadi petugas khusus ini memiliki ketelatenan dan mumpuni dalam memberi pelatihan uji praktik kepada masyarakat.

Beberapa warga sudah merasakan manfaat program pelatihan ini. Mereka yang awalnya gagal dalam beberapa kali uji praktik, akhirnya lihai melintasi berbagai rintangan di lapangan ujian tersebut menggunakan sepeda motor. Ujungnya, mereka bisa lulus dan berhak mendapat SIM.

“Saya tiga kali gagal ujian praktik. Kemudian diberitahu petugas, ada program latihan. Saya ikut latihan, dan akhirnya lulus saat mengikuti ujian praktik lagi,” ungkap Ringo Patriot Megantara, warga Sidoarjo.

Ketika ikut latihan, dia diberitahu tips dan trik-trik untuk melalui berbagai lintasan dan rintangan yang ada pada proses uji praktik. Lalu, beberapa kali dia mencoba dengan mendapat pendampingan dari petugas.

“Setelah tahu dan paham tips serta triknya, saya bisa lebih mudah. Dan akhirnya bisa lulus ujian,” lanjutnya.

Manfaat serupa dipetik Irwan Budiarto, warga Pacitan yang saat ini bekerja di kompleks pergudangan di Lingkar Timur Sidoarjo.

Ikut pelatihan dan mendapat bimbingan uji praktik SIM dari petugas Satlantas Polresta Sidoarjo, dia lantas bisa menyelesaikan uji praktik SIM C dengan lancar.

“Saya dua kali gagal. Tahu ada program latihan ini, saya kemudian ikut. Dan akhirnya bisa lulus ujian,” jelasnya.

Irwan mengaku senang dengan program ini. Pengalaman berharga ini kemudian diceritakan ke beberapa rekannya yang gagal ujian praktik agar ikut pelatihan, supaya lulus, dan mendapat SIM. (es)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *