Manfaatkan Internet Positif, KKN Mahasiswa UWP Kelompok IV Bimbing Belajar Anak di Sumur Welut Surabaya

SURABAYA, SURYAKABAR.com – Pendidikan adalah cerminan kesuksesan di masa depan. Menanamkan semangat belajar kepada anak usia dini merupakan hal yang sangat penting. Hal ini dilakukan mahasiswa Universitas Wijaya Putra (UWP) Surabaya yang melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kelurahan Sumur Welut Kecamatan Lakarsantri Surabaya dengan program “Kampung Belajar” memanfaatkan internet positif dan aplikasi belajar.

Saiful Irfan, Ketua Kelompok IV KKN Mahasiswa UWP Surabaya menjelaskan, program tersebut sebagai bentuk kepedulian terhadap anak-anak untuk mengarahkan penggunaan gadget yang bermanfaat dan melakukan bimbingan belajar dengan metode permainan agar lebih bisa diterima.

“Program ini guna mengarahkan anak-anak, karena saat ini banyak anak kecil yang terlalu lama menggunakan gadget, tapi kurang dapat manfaatnya, dan kurang bermain. Kami ingin mengabungkan konsep tersebut agar lebih bermanfaat,” ujar Saiful Irfan, Senin (29/7/2019).

Dikatakannya, kegiatan tersebut digelar malam hari setiap selesai sholat Magrib dan diikuti sekitar 20 anak Kelurahan Sumur Welut Lakarsantri Surabaya. Sekitar sepuluh mahasiswa memberikan bimbingan dengan diawali belajar melalui permainan anak-anak.

kkn uwp 1

Antusiasme anak-anak untuk belajar bersama “kakak-kakak” mahasiswa KKN patut diacungi jempol. Pasalnya, sejak pertama kali program ini dilaksanakan, jumlah peserta semakin banyak, sehingga sempat membuat para mahasiswa KKN UWP kewalahan untuk mengajar.

“Meskipun kesulitan, ada keceriaan dari anak-anak ini dan semangat mereka untuk belajar yang membuat kami lebih bersemangat untuk berbagi ilmu kepada adik-adik ini,” katanya.

Mata pelajaran yang sering diajarkan kepada anak-anak yang masih duduk di bangku Sekolah Dasar (SD) ini antara lain matematika, Bahasa Indonesia, IPA, PKN dan pelajaran lainnya.

Ketua RW 3 Desa Bendungan Sumur Welut, Eko Wahyudi mengatakan, pihaknya sangat berterima kasih atas program bimbingan belajar kepada anak yang dilakukan mahasiswa UWP.

“Harapan kami, kegiatan ini dapat memberikan dampak positif sekaligus membantu anak anak Desa Tanah Bawah agar menjadi anak yang cerdas dan bermanfaat bagi nusa dan bangsa Indonesia,” tandasnya. (mer)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *