Ngonthel Bumi Jenggolo 2 Ukir Dua Rekor Baru Dunia

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Sekitar 12 ribu onthelis atau pecinta sepeda tua berkumpul di GOR Delta Sidoarjo, Minggu (10/2/2019). Mereka datang dari berbagai wilayah Indonesia untuk meramaikan ‘Ngonthel Bumi Jenggolo 2’ sebagai rangkaian Peringatan HUT ke-160 Kabupaten Sidoarjo dan HUT ke-11 Komunitas Sepeda Tua Indonesia (Kosti).

Selain dari kabupaten dan kota di Jawa Timur hadir onthelis dari Palangkaraya, Banjarmasin, Pelembang, Jakarta, Cilacap, Semarang dan Jepara. Bahkan onthelis dari Malaysia dan Thailand ikut ambil bagian dalam kegiatan ini.

Acara bertema ‘Satu Sepeda Sejuta Saudara’ ini berhasil memecahkan rekor peserta terbanyak dengan memakai baju lurik.

Ketua Umum dan Pendiri LEPRID (Lembaga Prestasi Indonesia-Dunia) Paulus Pangka SH mengatakan, ada dua rekor pada kegiatan ‘Ngonthel Bumi Jenggolo 2’ kali ini. Selain rekor peserta ngonthel terbanyak juga rekor ngonthel menggunakan busana lurik terbanyak. Ia bahkan mencatat ada 12 ribu peserta dalam kegiatan kali ini.

“Hari ini bukan hanya satu rekor, tapi juga berhasil menciptakan satu rekor baru dunia yaitu rekor ngonthel menggunakan busana lurik terbanyak. Ada dua rekor yang tercipta hari ini,” ucapnya.

‘Ngonthel Bumi Jenggolo 2’ diberangkatkan Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah SH,M.Hum di GOR Sidoarjo.

Rute yang ditempuh mulai dari tempat pemberangkatan menuju tanggul lumpur dan kembali ke GOR Sidoarjo.

Dari tanggul lumpur, rute diarahkan ke pusat tas dan koper Tanggulangin. Setelah berhenti sejenak, para onthelis melanjutkan perjalanannya ke GOR Sidoarjo.

Ada kupon yang disediakan dalam kegiatan tersebut. Hadiahnya satu unit sepeda motor ditambah hadiah hiburan lainnya.

ngonthel 2
Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah menerima piagam pada ‘Ngonthel Bumi Jenggolo 2’.

Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah mengaku bangga terselenggaranya kegiatan tersebut. Ia menyampaikan kegiatan kali ini memecahkan rekor dunia. Dan ia berharap melalui kegiatan seperti ini dapat menjadi ajang promosi kerajinan UMKM masyarakat Sidoarjo.

“Alhamdulilah kegiatan ngontel memakai sepeda kuno dan berbaju lurik ini memecahkan rekor dunia Leprid dengan peserta terbanyak. Kita harapkan tahun depan ada acara serupa yang mampu memecahkan rekor lagi,” kata Saiful Ilah kepada wartawan disela-sela pemberangkatan ngontel bareng di parkir GOR Delta Sidoarjo, Minggu (10/2/2019).

Sebelum memberangkatkan peserta ‘Ngonthel Bumi Jenggolo 2’ tersebut H. Saiful Ilah meminta kepada peserta untuk mengikutinya dengan semangat. Kegiatan seperti ini juga diharapkan menjadi media silatuhrahmi. Ia juga berpesan untuk menjaga keselamatan di jalan.

ngonthel 3
Peserta ‘Ngonthel Bumi Jenggolo 2’ memakai baju lurik.

Sementara itu Chirawat Tancharoen (32) peserta ngontel bareng dari Thailand, melalui penerjemahnya mengaku, sangat kagum dengan peserta yang sangat luar biasa dan sangat banyak sekali. Kedatangan ke Sidoarjo ini hanya ingin menjalin persaudaraan sesama pencinta sepeda onthel.

“Pencinta sepeda onthel di Indonesia sangat luar bisa, kami sangat bangga melihat tali persaudaraan ini. Bangga-bangga luar biasa,” tandas Chirawat. (wob)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *