Di Tulangan Sidoarjo Ada Pohon Pisang Berbuah Enam Tundun

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Umumnya pohon pisang berbuah dengan satu jantung atau biasa disebut satu tundun. Tetapi, pohon pisang milik Suprayito (48) warga RT 02 RW 04, Dusun Karang Ploso, Desa Gelang, Kecamatan Tulangan, Sidoarjo ini berbuah enam jantung sekaligus.

Pohon pisang tersebut berjenis sembot yang berada di tanah pekarangan seluas 12 x 15 meter. Karena terdapat enam tundun dan memiliki enam jantung, otomatis, buah pisang tersebut berbuah enam kali lipat dari pada pohon pisang sembot pada umumnya.

Sejak awal, pemilik tidak menyadari, kalau buah pisang yang setiap hari ia rawat muncul keanehan. “Setiap merawat, saya tidak tahu. Tahu-tahunya waktu buahnya agak besar,” ujar Suprayito, Kamis (7/2/2019).

Dia menceritakan, keanehan buah pohon pisang yang tumbuh di pekarangannya tidak hanya sekali, namun sudah tiga kali. Yang pertama, pohon dengan bibit yang sama tumbuh dengan dua tundun. Yang ke dua, tumbuh dengan tiga tundun dan saat ini tumbuh dengan enam tundun.

“Pernah berbuah seperti itu sebanyak tiga kali. Yang pertama itu satu pohon tumbuh dua tundun. Kedua, tiga tundun dan sekarang 6 tundun,” terangnya.

Seperti sebelumnya, buah ajaib itu dimakan sendiri dan dibagikan ke tetangga saat buah mulai matang. “Buahnya dikosumsi sendiri dan kadang saya bagi-bagikan ke tetangga. Kalaupun buahnya normal, buahnya besar. Satu tundun bisa ada delapan sampai sepuluh cengkeh,” ucapnya.

Dia juga menceritakan, bibit pohon pisang tersebut dulu didapat dari teman ayahnya. “Dulu ayah saya dikasih orang bibit pisang. Ya seperti itu jadinya, kadang berbuah normal kadang sampai enam tundun seperti sekarang ini,” katanya. (wob)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *