Begini Rekayasa Lalu Lintas di Sidoarjo saat Istighotsah Kubro, Hindari Jalur Ini

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Mengantisipasi kemacetan lalu lintas menuju Stadion Gelora Delta Sidoarjo saat pelaksanaan Istighotsah Kubro, Minggu (28/10/2018), Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Sidoarjo mensterilkan lalu lintas di sejumlah titik.

Rekayasa lalu lintas di mulai, Minggu (28/10/2018) dini hari hingga selesai pelaksanaan Istighosah Kubro. Selain itu, Satlantas juga telah menyiapkan empat titik kantong parkir berdasarkan zona untuk para jama’ah dari PCNU berbagai wilayah di Jawa Timur.

Kasatlantas Polresta Sidoarjo, Kompol Dyno Indra Setyadi menjelaskan rekayasa lalu lintas tersebut saat menggelar sidak keamanan beserta Forkopimda Kabupaten Sidoarjo di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jumat (26/10/2018).

Menurutnya pelaksanaan Istighosah Kubro mendapat perhatian khusus dari Satlantas Polresta Sidoarjo, karena berpotensi terjadi kemacetan di seputaran GOR Delta Sidoarjo.

Mengatasi kemacetan, Satlantas Polresta Sidoarjo akan mensterilkan arus lalu lintas di sejumlah titik yang akan menuju Stadion Gelora Delta Sidoarjo. Rekayasa akan dilakukan mulai di Jalan Raya Buduran dari arah Surabaya menuju Sidoarjo kota akan langsung dialihkan menuju jalan alternatif Lingkar Timur.

Kendaraan lewat tol dari Surabaya yang akan turun di pintu keluar Sidoarjo dialihkan turun di exit tol Porong. Sedangkan arus lalu lintas di Jalan Raya Candi dari arah Malang menuju Sidoarjo kota akan melalui Jalan Raya Lingkar Timur Sidoarjo.

Jalur sterilisasi menuju GOR Delta Sidoarjo ini tidak berlaku bagi para jamaah yang akan mengikuti Istighosah Kubro yang sudah mendapat kawalan kepolisian daerah masing-masing.

“Kita prediksi jumlah jamaah yang mengikuti Istighosah Kubro jumlahnya ribuan. Jadi kita akan upayakan rekayasa lalu lintas kendaraan yang menuju kota Sidoarjo maupun GOR Delta,” ujar Dyno

Satlantas Polresta Sidoarjo juga telah menyiapkan 4 titik kantong parkir menuju stadion. Keempat kantong parkir berdasarkan zona di antaranya parkir zona 1 di lokasi jalan Ponti, Jembatan Jati dan Perum Taman Pinang serta Gading Fajar ditempati PCNU Lumajang, Jember, Banyuwangi, Bangil, Sidoarjo, Kraksaan, Probolinggo, Situbondo, Bondowoso dan Pasuruan.

Parkir zona 2 ditempatkan di Puri Indah dan Perum Pondok Mutiara 1 dan 2 ditempati PCNU Kediri, Ngawi, Tulungagung, Ponorogo, Magetan, Madiun, Malang, Batu dan Pacitan.

Parkir zona 3 ditempatkan di Kahuripan Nirwana jalan raya Cemengkalang dan jalan Suko Sumput ditempati PCNU Bojonegoro, Lamongan, Babat, Sidoarjo, Jombang, Mojokerto, Tuban, Trenggalek, Blitar dan PCNU Nganjuk.

Sedangkan parkir zona 4 ditempatkan di Perum Anggrek Mas, Perum Taman Tiara, depan prasmanan Indra dan lapangan tembak yang akan ditempati PCNU Masalembu, Kangean, Sampang, Bangkalan, Pamekasan, Sumenep, Surabaya, Gresik.

Kasatlantas Polresta Sidoarjo juga menghimbau kepada pengguna lalu lintas untuk mengantisipasi kemacetan di seputar GOR Delta saat pelaksanaan ataupun selesainya acara.

“Saya menghimbau pada warga dan pemakai jalan bila tidak ada kepentingan atau keperluan untuk menghindari seputaran GOR Delta, karena wilayah tersebut akan berpotensi kemacetan,” pungkas Dyno. (wob)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *