Dispora Sidoarjo Gelar Kejuaraan Olahraga Antar-siswa Difabel, Ini Cabor yang Dipertandingkan

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Sidoarjo akan menggelar kejuaraan olahraga antar-siswa difabel di GOR Sidoarjo dan lapangan sebelah selatan Alun-alun Sidoarjo, Selasa (23/10/2018).

“Kejuaraan olahraga untuk siswa berkebutuhan khusus ini, formatnya mewakili sekolah masing-masing. Setiap sekolah bisa mendaftarkan semua cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan,” kata Umi Salmami, Kepala Seksi Pengembangan Olahraga Rekreasi Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Sidoarjo menjawab suryakabar.com, Rabu (10/10/2018).

Tahun ini memasuki tahun ketiga. Cabor yang dipertandingkan ada empat, futsal, bulu tangkis, tenis meja dan atletik.

“Peserta bisa mencapai 400 siswa. Mereka senang sekali dengan digelarnya event ini, meskipun tropinya kecil-kecil,” imbuhnya.

Dari pengalaman sebelumnya, cabor atletik peserta selalu paling banyak. Sistematika lomba atletik di nomor lari mereka akan lari bersama-sama satu kali dan diambil waktu tercepat.

“Jadi lomba lari tidak ada seri 1 dan selanjutnya, tetapi sistemnya kita gelar lari bersama-sama satu kali kemudian kita ambil waktu tercepat,” paparnya.

Terkait tujuan event ini Umi Salmami menyebut untuk mewadahi siswa difabel di bidang olahraga sekaligus sebagai ajang memantau siswa difabel untuk persiapan Kabupaten Sidoarjo mengikuti event serupa di tingkat provinsi yang akan digelar, 6-8 November 2018.

“Kami wadahi anak-anak difabel ini untuk menyalurkan apa (bakat) yang mereka punya. Syukur-syukur kalau mereka bisa berprestasi,” urainya. (es)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *