Piala Dunia 2018
Kandaskan Inggris Lewat Perpanjangan Waktu, Kroasia Ukir Prestasi Tertinggi Tembus Final

MOSKOW, SURYAKABAR.com – Kroasia menembus final Piala Dunia 2018, setelah di semifinal menang 2-1 (1-1) atas Inggris di perpanjangan waktu di Luzhniki Stadium, Moskow, Kamis (12/7/2018) dinihari WIB.

Kroasia tertinggal gol lebih dulu menit 5, setelah tendangan bebas Kieran Trippier melintas di atas pagar betis pemain dan menghunjam deras ke gawang Danijel Subasic.

Upaya tim asuhan Zlatko Dalic menyamakan kedudukan terwujud menit 68 lewat Ivan Perisic menyambut umpan yang dilepas Sime Vrsaljko dari sisi kanan.

Kedudukan imbang 1-1 bertahan hingga waktu pertandingan normal berakhir. Pertandingan dilanjutkan perpanjangan waktu.

Striker Mario Mandzukic memastikan kemenangan Kroasia menit 109, setelah berhasil menyusup di antara dua pemain belakang Inggris John Stones dan Harry Maguire untuk melepas tendangan first time. Kiper Jordan Pickford berusaha membendung laju bola, namun gagal.

Pada laga final, Minggu (15/7/2018) malam WIB, Kroasia akan menghadapi Perancis. Juara dunia 1998 itu lolos ke final, menyusul kemenangan 1-0 atas Belgia pada laga semifinal lainnya.

Bentrok Kroasia kontra Perancis merupakan ulangan semifinal Piala Dunia 1998. Kala itu, negara pecahan Yugoslavia itu unggul lebih dulu lewat gol Davor Suker, namun akhirnya mereka kalah 1-2, setelah Lilian Thuram memborong dua gol untuk Perancis. Akhirnya Perancis tampil sebagai juara dan Kroasia menempati posisi ketiga, setelah mengalahkan Belanda, 2-1.

Sukses Kroasia menembus final ini merupakan capaian tertinggi. Usai merebut posisi ketiga di Piala Dunia 1998, prestasi Kroasia merosot. Pada Piala Dunia 2002, 2006 dan 2014 langkah mereka selalu kandas di babak penyisihan grup. Bahkan pada Piala Dunia 2010, Kroasia tidak lolos.

Perjalanan Kroasia di Piala Dunia 2018 juga tidak mulus. Mereka lolos ke Rusia lewat jalur playoff, setelah menyingkirkan Yunani dengan aggregate gol, 4-1. Kroasia harus menjalani laga playoff, karena pada klasemen akhir Grup I Zona Eropa menempati posisi kedua di bawah juara grup Islandia.

Kini, peluang menjadi juara baru Piala Dunia terbentang lebar, atau sebaliknya, Kroasia yang akan menyerah kepada Perancis, sekaligus menobatkan Perancis untuk menggapai juara dunia yang kedua kalinya. (es)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *