Presiden Jokowi Panen Raya Jagung di Tuban

TUBAN – Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) melakukan panen raya jagung di areal Perhutanan Sosial di Kecamatan Palang Kabupaten Tuban, Jumat (9/3/2018). Rombongan Presiden datang di lokasi Desa Ngimbang Kecamatan Palang sekitar jam 9.00 pagi dan langsung menuju area perkebunan jagung untuk melakukan panen bersama.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Tuban, Murtaji menjelaskan, hasil pertanian jagung di Tuban adalah yang tertinggi di Jatim, setelah menggunakan pola tumpangsari, tanam sisip, dan panen kering. Setiap satu hektare lahan dapat menghasilkan 4,5 ton jagung. Selain itu, tanaman kayu keras dapat tumbuh baik beriringan dengan tanaman semusim.

Usai melakukan panen bersama kelompok tani, Presiden yang didampingi Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup, Menteri BUMN Rini Soemarno, Gubernur Jawa Timur Soekarwo dan Bupati Tuban secara simbolis melakukan penanaman bibit pohon jati.

Selanjutnya, Presiden berada di tengah-tengah kelompok tani hutan untuk memberikan Surat Keputusan Perhutanan Sosial kepada masyarakat untuk pemerataan ekonomi. Pemberian hak akses kelola ini merupakan putaran kedua dari rangkaian safari perhutanan sosial Presiden Jokowi.

Pada putaran pertama November 2017, Presiden menyerahkan izin pemanfaatan hutan melalui Surat Keputusan (SK) Izin Pemanfaatan Hutan Perhutanan Sosial (IPHPS) serta SK Pengakuan dan Perlindungan Kemitraan Kehutanan (Kulin KK) seluas 10.162 ha bagi 5.915 kepala keluarga untuk wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. (mer)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *