Turnamen Futsal Hydro Coco Cup 2016
KALBE Luncurkan Turnamen Futsal Nasional

SURABAYA, SURYAKABAR.com – PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) melalui brand Hydro Coco kembali meluncurkan Turnamen Futsal Nasional tingkat Sekolah Menengah Umum Hydro Coco Cup (Hydro Coco National Futsal Tournament).

Tahun ini merupakan edisi keempat dan melibatkan 712 sekolah SMA dari 27 kota dengan melibatkan 95.000 pemain dan suporter, meningkat dari tahun sebelumnya yang diikuti 480 sekolah dari 23 kota. Turnamen sudah dilaksanakan mulai Juni 2016. Rencananya Grand Final digelar November 2016.

Selain memperebutkan total hadiah Rp 260 juta juaranya akan dikirim untuk mengikuti turnamen futsal tingkat sekolah menengah di Thailand. Bagi pemain berprestasi juga tersedia 20 beasiswa dari Universitas Trisakti, Kalbis Institute dan Bina Sarana Informatika (BSI).

“Peserta dari tahun ke tahun semakin meningkat, dan kami mencoba menyediakan ruang bagi para siswa SMA untuk bisa berprestasi dan hidup sehat. Ini sejalan dengan misi Kalbe untuk berkontribusi kepada Indonesia lebih Sehat, salah satunya melalui aktivitas olahraga khususnya futsal,” kata Pujo Kurnianto, Regional Sales & Promotion Manager Kalbe Beverages, Rabu (19/10/2016).

“Melalui kegiatan kompetisi futsal Hydro Coco Cup ini, Kalbe berharap para remaja dapat memiliki kegiatan positif dan menghindarkan mereka dari pengaruh pergaulan negatif sekaligus membangun pertemanan di antara mereka,” lanjut Pujo.

Secara khusus, Badan Narkotika Nasional (BNN) digandeng Hydro Coco Cup dalam penyelenggaraan turnamen tahun ini. BNN mendukung turnamen futsal ini karena memiliki kesamaan visi dengan Kalbe untuk Indonesia Lebih Sehat khususnya hidup sehat tanpa narkoba.

Dalam setiap kesempatan pertandingan, BNN akan melakukan sosialisasi mengenai pentingnya hidup sehat tanpa narkoba. BNN berharap dengan adanya event ini generasi muda dapat meningkatkan prestasi dan menjadi generasi yang sehat, cerdas dan bebas narkoba. Dalam kesempatan ini BNN juga mengajak agar generasi muda turut peduli dan ikut berperan aktif dalam mencegah narkoba di Lingkungan Sekolah agar aman dan terbebas dari penyalahgunanaan dan peredaran gelap narkoba.

Turnamen Futsal Hydro Coco Cup ini diselenggarakan dengan sepengetahuan Asosiasi Futsal Indonesia (AFI), badan resmi yang menaungi kegiatan pembinaan olahraga futsal di Indonesia, sehingga aturan pertandingan yang diberlakukan berpatokan pada aturan-aturan Law of the Game yang dibuat Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) untuk pertandingan futsal.

Sebelum turnamen dimulai di masing-masing kota, Kalbe juga akan mengunjungi sekolah di delapan kota seperti Makassar, Yogyakarta, Banjarmasin, Surabaya, Semarang, Bandung, Medan, Jakarta untuk melakukan edukasi kesehatan tentang gaya hidup sehat, termasuk olahraga dan kampanye anti narkoba.

Dalam acara tersebut, juga akan ada sesi berbagi (sharing) antara dokter, penggiat olahraga dengan para siswa, dan juga edukasi safety riding oleh Yamaha Indonesia agar para pelajar Indonesia paham tentang peraturan lalu lintas. Sekaligus dalam kesempatan yang sama, akan dilakukan games kekompakan suporter tim futsal di masing-masing sekolah.

Dalam turnamen ini, sistem pertandingan yang digunakan terbagi menjadi dua kualifikasi yakni kualifikasi Silver dan Gold. Kualifikasi Silver diselenggarakan di Batam, Pekanbaru, Palembang, Lampung, Pontianak, Balikpapan, Samarinda, Manado, Bogor, Cirebon, Tasikmalaya, Solo, Purwokerto, Malang, Jember, Denpasar, Mataram, Bekasi dan Tangerang.

Sedangkan kualifikasi Gold diselenggarakan di Makassar, Yogyakarta, Banjarmasin, Surabaya, Semarang, Bandung, Medan, Jakarta. Untuk membantu transportasi peserta dari Silver ke Gold, PT KAI pun memberikan support tiket kereta api kepada para juara daerah untuk bertanding di regional.

Lebih jelas, sistem pertandingan dalam turnamen ini antara lain, masing masing kota terdiri 24 tim futsal di silver qualification dan 32 tim futsal di gold qualification, menganut sistem 2x times play, durasi pertandingan 2 X 15 menit (kotor) untuk babak kualifikasi dan 2 x 20 menit (kotor) untuk babak perempat final hingga final. Juara masing-masing kualifikasi silver akan tampil di kualifikasi gold sesuai dengan regionnya. Juara masing-masing kualifikasi gold akan tampil di Grand Final di Bandung.

Peserta turnamen adalah tim futsal sekolah SMA dengan anggota tim merupakan siswa yang terdaftar di sekolah yang bersangutan. Setiap sekolah hanya mengirimkan satu tim. Kriteria pemain antara lain laki-laki, masih tercatat sebagai siswa sekolah tersebut (dibuktikan dengan melampirkan copy kartu pelajar), usia maksimal kelahiran 1 Januari 1998 (juga melampirkan copy akte kelahiran), dan nilai rata-rata semester 1 tahun ajaran 2015/2016 adalah enam (dengan melampirkan copy Raport). Sedangkan satu tim terdiri 12 pemain dan 2 pendamping (ofisial). (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *