Kualifikasi Piala Asia U-17 2025
Komentar Nova Arianto Usai Timnas Indonesia U-17 Menang Telak 10-0 di Kualifikasi Piala Asia U-17 2025

SURYAKABAR.com – Tim Nasional Indonesia U-17 meraih kemenangan telak 10-0 atas Kepulauan Mariana Utara dalam pertandingan kedua Grup G Kualifikasi Piala Asia U-17 2025 di Stadion Abdullah Alkhalifa Alsabah, Mishref, Kuwait, Jumat (25/10/2024) malam WIB.

Pelatih Kepala Timnas Indonesia U-17, Nova Arianto menyampaikan rasa syukur atas hasil tersebut dan menyebut kemenangan ini sebagai modal penting menjelang laga penentu melawan Australia, Minggu (27/10/2024).

Dalam laga melawan Kepulauan Mariana Utara, Nova sengaja melakukan rotasi pemain sekaligus memberikan kesempatan bagi pemain yang belum tampil.

“Yang pasti ini adalah hasil yang kita syukuri. Sejak awal, kita sudah mempersiapkan pemain untuk nantinya menghadapi Australia. Semua pemain yang belum bermain, kita mainkan hari ini,” ungkap Nova usai pertandingan dikutip laman PSSI.

Baca Juga:  Timnas Indonesia U-17 Menang Telak 10-0 di Kualifikasi Piala Asia U-17 2025

Meski menurunkan susunan pemain yang berbeda, Garuda Muda tetap tampil dominan dan sukses mencetak sepuluh gol tanpa balas.

Nova mengakui, meski hasilnya memuaskan, masih ada beberapa peluang yang terbuang dan seharusnya bisa menghasilkan gol tambahan.

“Saya lihat mereka tampil maksimal, walaupun ada beberapa peluang yang seharusnya bisa menjadi gol tetapi tidak tercapai,” tambahnya.

Baca Juga:  Daftar Pemain Timnas Indonesia U-17 di Kualifikasi Piala Asia U-17 2025

Dengan kemenangan tersebut, Nova berharap timnya mampu tampil maksimal dalam pertandingan krusial melawan Australia. Garuda Muda menargetkan kemenangan untuk memastikan tempat di putaran final Piala Asia U-17 2025 di Arab Saudi.

“Fokus kita adalah pertandingan terakhir melawan Australia, dan kita ingin memenangkan pertandingan tersebut. Itulah kenapa kami menyimpan beberapa pemain yang biasanya menjadi starter agar nantinya lebih siap, sehingga kita bisa meraih tiga poin melawan Australia,” jelas Nova.

Baca Juga:  Persaingan Menuju Piala Dunia 2026 Sangat Ketat, Erick Thohir Minta STY Matangkan Tim dan Taktik

Dalam persiapannya, Nova juga menyoroti beberapa aspek yang perlu dibenahi, terutama dalam hal perebutan bola dan transisi permainan. Menurutnya, masih ada kecenderungan pemain terburu-buru saat melakukan transisi.

“Kekurangan kita masih sama, terutama saat kita merebut bola dan melakukan transisi, pemain masih terburu-buru. Termasuk di pertandingan tadi, secara finishing banyak peluang yang tidak berbuah gol,” pungkasnya. (*)