Daop 8 Surabaya Catatkan Rekor MURI dengan Parade Lokomotif Livery Varian Terbanyak

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Bertepatan HUT ke-79 Kereta Api Indonesia, PT KAI Daop 8 Surabaya meraih penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) dengan Parade Lokomotif Livery Varian Terbanyak dengan 4 lokomotif.

Penghargaan dari MURI ini disampaikan Almy Birama, yang diterima Executive Vice President KAI Daop 8 Surabaya, Wisnu Pramudyo, di Stasiun Tulangan, Sidoarjo, Sabtu (28/9/2024) siang.

Sebelum mendapat rekor muri, 4 rangkaian lokomotif aneka tahun pembuatan ini berangkat dari Stasiun Gubeng Surabaya dan berhenti di Stasiun Tulangan.

Wisnu menuturkan, perjalanan panjang PT Kereta Api Indonesia (Persero) dalam melayani masyarakat Indonesia salah satunya tercermin dalam silih bergantinya livery atau corak pada sarana kereta dan lokomotif.

Baca Juga:  KAI Rutin Cek Kesehatan Awak Sarana Perkeretaapian, Konsisten Terapkan Budaya Keselamatan

Wisnu menambahkan, livery pada armada transportasi umum merupakan salah satu identitas perusahaan, begitupun dengan livery pada kereta dan lokomotif merupakan salah satu identitas PT Kereta Api Indonesia (Persero).

Menurutnya, pada momen memperingati HUT ke 79 Kereta Api Indonesia ini, KAI Daop 8 Surabaya berupaya merangkaikan 4 lokomotif dengan berbagai livery dari beberapa generasi untuk mengenalkan sejarah perkeretaapian, dan meningkatkan antusiasme pelanggan KA yang akan melakukan perjalanan kereta api.

“Lokomotif yang tertua tahun pembuatan 1976. Dengan dirangkaikannya 4 varian livery ini, masyarakat dapat bernostalgia dengan livery ini, serta mengenalkan berbagai macam jenis livery lokomotif yang pernah digunakan KAI dari masa ke masa,” ungkapnya.

Baca Juga:  Wisatawan Mancanegara Mulai Datang, Antusias Saksikan Pertamina Grand Prix of Indonesia 2024

Sementara itu, dewan juri MURI, Almy Birama mengungkapkan, MURI mengapresiasi pelaksanaan kegiatan parade lokomotif yang pertama kali dilakukan di Indonesia ini.

“Hari ini MURI mengapresiasi pelaksanaan kegiatan ini dan menyerahkan piagam penghargaan atas rekor yang dicatatkan, yaitu “Parade Lokomotif dengan Livery Varian Terbanyak” dipersembahkan kepada PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 8 Surabaya,” ucap Almy Birama.

Pada pelaksanaan parade, KAI Daop 8 Surabaya mengoperasikan 4 Lokomotif dengan berbagai livery atau corak dari generasi ke generasi yang dirangkai menjadi satu dengan 2 Kereta Eksekutif, 2 Kereta Ekonomi, dan 1 Kereta Pembangkit.

Baca Juga:  DAMRI Siap Sukseskan Pertamina Grand Prix of Indonesia 2024 di Mandalika

Keempat lokomotif tersebut adalah lokomotif CC201 livery krem – hijau, lokomotif CC201 livery merah – biru, lokomotif CC203 livery dua garis biru, dan lokomotif CC206 livery terkini.

Untuk pertama kalinya ke-4 lokomotif, serta kereta penumpang, dan kereta pembangkit tersebut berjalan bersamaan atau berparade dengan mengitari jalur KA Surabaya Gubeng – Wonokromo – Sidoarjo – Tulangan – Tarik (PP).

Kegiatan parade lokomotif ini turut diikuti Jajaran Manajemen KAI Daop 8, tamu undangan, dan komunitas Railfans di wilayah Daop 8, meliputi IRPS, Java Train, Sahabat Kereta, Si Puong, serta Komunitas Malang Raya (RF+444).

Parade lokomotif ini mendapat perhatian dari pengguna jasa kereta api dan Komunitas Real Fans Indonesia. (sat)