Piala Dunia Futsal 2024
Kazakhstan Singkirkan Juara Bertahan Portugal di Piala Dunia Futsal 2024, Gol Kemenangan Kazakhstan Lahir 14 Detik Jelang Laga Usai

SURYAKABAR.com – Juara bertahan Piala Dunia Futsal Portugal dipastikan gagal mempertahankan gelar juara. Ini setelah di laga 16 Besar Piala Dunia Futsal 2024, Portugal menelan kekalahan 1-2 dari Kazakhstan di Andijan Universal Sports Complex, Uzbekistan, Kamis (26/9/2024) malam WIB.

Kedua tim mengawali pertandingan sama-sama main terbuka. Beberapa kali kedua tim sama-sama melakukan tendangan jarak jauh dalam upaya menjebol gawang lawan. Namun hingga menjelang pertengahan babak pertama belum satu pun gol tercipta.

Chingiz Yessenamanov memecah kebuntuan dengan membawa Kazakhstan unggul lebih dulu menit 10. Gol ini berawal dari kick in yang dilakukan Douglas. Bola mengarah ke Yessenamanov yang berada sekitar lima meter di luar circle.

Baca Juga:  Maroko Lolos ke Perempat Final Piala Dunia Futsal 2024, Singkirkan Iran di 16 Besar

Yessenamanov menyambut bola kick in dengan tendangan kaki kiri. Bola meluncur deras melewati pemain-pemain kedua tim. Kiper Portugal Edu menjatuhkan badan dan menempatkan kaki kirinya untuk membendung bola, namun gagal.

Ketinggalan satu gol, Portugal meningkatkan tekanan. Beberapa kali peluang dimiliki Portugal lewat Bruno Coelho, Afonso dan Zicky. Namun, peluang-peluang tersebut berhasil digagalkan kiper sekaligus kapten tim, Higuita. Keunggulan Kazakhstan 1-0 bertahan hingga babak pertama berakhir.

Portugal berhasil menyamakan kedudukan 1-1 saat babak kedua baru berjalan 16 detik. Gol ini berawal dari tendangan bebas yang dilepas Bruno Coelho.

Bola meluncur deras ke arah Zicky. Dalam posisi membelakangi gawang dan ditempel Douglas serta kiper Higuita, Zicky meneruskan bola dengan tendangan backheel. Skor imbang 1-1 di awal babak kedua.

Baca Juga:  Juara Piala Dunia Dua Kali Spanyol Tersingkir di 16 Besar Piala Dunia 2024, setelah Dikalahkan Venezuela

Kedua tim kembali lebih banyak melakukan tendangan jarak jauh untuk menjebol gawang lawan. Namun, penampilan cemerlang kedua penjaga gawang membuat peluang-peluang tersebut gagal menghasilkan gol.

Memasuki detik-detik kritis, Kazakhstan berhasil menjebol gawang Portugal saat laga menyisakan waktu 14 detik. Gol kemenangan Kazakhstan dicetak Dauren Tursagulov dari dalam circle menyambut umpan Arnold Knaub.

Di fase grup, Portugal dan Kazakhstan sama-sama tidak terkalahkan. Bedanya, Portugal berhasil menyapu bersih kemenangan dengan menekuk Panama 10-1, mengalahkan Tajikistan 3-2 dan membekuk Maroko 4-1.

Baca Juga:  Brasil Kalahkan Kosta Rika di 16 Besar Piala Dunia Futsal 2024, Berpeluang Hadapi Iran di Perempat Final

Sementara Kazakhstan menang dua kali dan seri satu kali. Diawali imbang 1-1 melawan Spanyol kemudian meraih kemenangan melawan Libya 4-1 dan Selandia Baru 10-0.

Kazakhstan empat kali lolos ke putaran final Piala Dunia. Prestasi tertinggi finis di peringkat keempat di Piala Dunia 2021 lalu. Waktu itu pada perebutan peringkat ketiga Kazakhstan kalah 2-4 dari Brasil.

Pada perempat final, Senin (30/9/2024) malam WIB Kazakhstan bertemu pemenang laga 16 Besar Argentina melawan Kroasia yang akan bertanding, Jumat (27/9/2024) malam WIB.

Kegagalan Portugal lolos ke perempat final ini menyusul juara dua kali Piala Dunia, Spanyol yang dikalahkan Venezuela 1-2. Dengan demikian tim dengan status juara dunia yang masih tersisa tinggal Brasil dan Argentina. (es)