Piala Dunia Futsal 2024
Belanda Kandas di 16 Besar Piala Dunia Futsal 2024, Kalah dari Ukraina

SURYAKABAR.com – Timnas futsal Belanda harus mengubur impian mereka untuk merebut Piala Dunia Futsal 2024. Ya, Belanda tersingkir di babak 16 Besar, setelah menelan kekalahan 1-3 dari Ukraina di Humo Arena Tashkent, Uzbekistan, Selasa (24/9/2024) malam WIB.

Belanda kecolongan gol lebih dulu menit 5 dari Mykhailo Zvarych. Kendati kedua tim saling melakukan serangan, namun hingga babak pertama berakhir kedudukan tetap 1-0 untuk keunggulan Ukraina.

Upaya Belanda menyamakan kedudukan baru terwujud menit 28, menyusul lahirnya gol dari tendangan kaki kiri Said Bouzambou.

Berselang dua menit, aksi kiper Ukraina Oleksandr Sukhov memberi assist matang ke Andrii Melnyk untuk mencetak gol kedua Ukraina.

Baca Juga:  Brasil Kalahkan Kosta Rika di 16 Besar Piala Dunia Futsal 2024, Berpeluang Hadapi Iran di Perempat Final

Gol ini berawal dari keberhasilan Sukhov mematahkan serangan Belanda. Lantas, Sukhov mendrible bola hingga memasuki daerah permainan Belanda. Sukhov mengirim umpan ke Andrii Melnyk yang berada di sisi kiri pertahanan Belanda.

Kiper Belanda Manuel Kuijk keluar sarang menghadang Melnyk, namun berhasil dikecoh Melnyk. Berada dalam
posisi di sudut sempit, Melnyk kemudian melepas tendangan. Bola melewati sela-sela kaki pemain Belanda Jordy Cretier yang berada di bawah mistar gawang dan gol.

Baca Juga:  Ini Jadwal Lengkap 16 Besar Piala Dunia Futsal 2024 dan 16 Tim yang Lolos, Brasil Paling Produktif di Fase Grup

Upaya Belanda untuk kembali menyamakan kedudukan menemui kebuntuan. Akhirnya Belanda memainkan powerplay menjelang laga usai.

Namun, skema ini justru menjadi bumerang. Ketika laga menyisakan waktu 37 detik, Ismail Ouaddouh melakukan kesalahan passing. Bola mengarah ke Melnyk.

Mendapat peluang, Melnyk langsung mendrible bola dan melepas tendangan keras, sementara posisi kiper terbang Belanda belum berada di bawah mistar gawang. Hanya ada satu pemain Belanda yang berada di mistar gawang, namun gagal menghentikan laju keras bola. Ini menjadi gol penutup untuk mengakhiri pertandingan dengan keunggulan Ukraina 3-1.

Baca Juga:  Ini Komentar Pelatih Indra Sjafri, Maladewa, Timor Leste dan Yaman Jelang Kualifikasi Piala Asia U-20 2025

Pada laga perempat final, Minggu (29/9/2024) Ukraina akan menghadapi pemenang pertandingan 16 Besar antara Spanyol melawan Veneuzela yang akan bertanding, Rabu (25/9/2024) malam WIB.

Ukraina lolos ke 16 Besar sebagai runner up Grup C. Di fase grup, Ukraina menelan kekalahan 1-7 dari Argentina kemudian di dua laga berikutnya menang 7-2 atas Angola dan menundukkan Afghanistan 4-1.

Sementara Belanda di fase grup finis sebagai runner up Grup A tanpa terkalahkan. Laga pertama imbang 3-3 melawan tuan rumah Uzbekistan kemudian seri 2-2 melawan Kosta Rika dan di laga terakhir menang 5-2 atas Paraguay. (es)