Berita Sidoarjo
KASAL Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali Letakkan Batu Pertama Pembangunan Panti Asuhan dan Mushola di Sidoarjo

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL), Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali, meletakkan batu pertama pembangunan Panti Asuhan Yayasan Sosial Bumyamcha (Yasbhum) ke-3 dan Mushola di Kompleks Perumahan TNI AL Jala Griya, Desa Karangtanjung, Kecamatan Candi, Sidoarjo, Jumat (13/9/2024) siang.

Mantan ajudan Wakil Presiden ke-11 RI, Boediono ini menuturkan, nantinya panti asuhan tidak hanya diperuntukkan bagi keluarga TNI Angkatan Laut yang kediamannya berada di sekitar panti asuhan saja.

“Prioritas panti asuhan memang bagi keluarga TNI AL, namun nantinya juga untuk warga desa sekitar. Kapasitas awal sekitar 90 anak,” tuturnya.

Menurutnya, pembangunan panti asuhan akan terbagi dalam dua tahap. “Pada pembangunan tahap satu, akan membutuhkan waktu empat hingga lima bulan,” terangnya.

Baca Juga:  Ibu Rumah Tangga dari Desa di Banyuwangi, Hasilkan Omset Ratusan Juta dari Kerajinan Makrame

Pada awal 2025, rekruitmen pengasuh dan pegawai lain akan dilakukan. “Pada Juli 2025, penerimaan anak asuh di semua jenjang pendidikan akan dimulai. Pembangunan Panti Asuhan ke-3 di komplek Candi TNI AL ini dimaksudkan untuk mensejahterahkan keluarga besar Angkatan Laut yang berada di tiga desa yakni Kedungkendo, Sugihwaras dan Karangtanjung,” terangnya.

Berdasar data, di tiga desa ini terdiri 2.933 kepala keluarga TNI AL, dimana 70% di antaranya telah memasuki purna tugas. Di Panti Asuhan yang akan dibangun inilah, Yasbhum akan membantu putra-putri keluarga besar TNI AL yang berstatus yatim piatu, yang masih mengenyam pendidikan, mulai SD, SMP, SMA hingga ke jenjang Perguruan Tinggi.

Pada kegiatan ini, KASAL didampingi Ketua Umum Jalasenastri Ny. Fera Muhammad Ali. Selain peletakan batu pertama, KASAL beserta rombongan Mabes TNI AL juga meninjau fasilitas Panti Asuhan Laksamana R. Moeljadi yang juga dikelola Yasbhum dan di kawasan Juanda, Sidoarjo.

Baca Juga:  Pemkab Sidoarjo Ikutkan 10.931 Ketua RT RW dalam Kepesertaan JKK dan JKM BPJS Ketenagakerjaan
Baca Juga:  Pj Wali Kota Malang 'Belanja Masalah' di Disnaker-PMPTSP dan Bakesbangpol

Dalam kunjungannya ini, KASAL berkesempatan memberikan pengarahan dan melaksanakan sesi tanya jawab dengan anak Asuh Panti Asuhan Laksamana R. Moeljadi.

Yayasan Sosial Bhumyamca (Yasbhum) merupakan salah satu yayasan TNI AL yang berdiri pada 7 Mei 1964 dan memiliki tugas khususnya di bidang sosial dan kemanusiaan guna peningkatan kesejahteraan keluarga besar TNI Angkatan Laut.

Saat ini Yasbhum telah memiliki dua Panti Asuhan yang telah aktif, yakni Panti Asuhan Yos Sudarso di Cilandak, Jakarta Selatan dan Panti Asuhan Laksamana R. Moeljadi di Puspenerbal Juanda, Sidoarjo, Jawa Timur.

Turut hadir dalam kegiatan ini, pejabat Mabes TNI AL, Kapolda Jawa Timur Irjen Imam Sugianto serta Plt Bupati Sidoarjo Subandi. (sat)