Rektor Unair Dorong Lulusan FEB Jadi Pengusaha dan Kembangkan Entrepreneurship Center

SURABAYA, SURYAKABAR.com – Rektor Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Prof Dr Mohammad Nasih ST MT Ak mendorong Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unair untuk mengembangkan Entrepreneurship Center agar para lulusannya bisa menjadi pengusaha.

Prof Nasih mengakui, FEB Unair menjadi salah satu penentu baik dan buruknya Unair. Termasuk dalam hal prestasi maupun pemeringkatan ranking yang diraih Unair, baik di tingkat nasional maupun internasional. Pihaknya mendorong FEB menjadi lebih baik ke depannya, sehingga prestasi dan ranking Unair juga bisa ikut naik.

”Unair berharap akan dikelola sangat bagus, sehingga output dan outcomenya sangat bagus. Paling tidak bisa mengatasi beberapa persoalan, terutama soal relevansi perguruan tinggi dengan membuka aksesibilitas bagi masyarakat yang memang pintar untuk bisa kuliah dan memberikan kesempatan bagi mereka,” ujar Prof Nasih, Jumat (9/8/2024).

Baca Juga:  Unair Tuan Rumah PIMNAS 2024, Diikuti 2.625 Mahasiswa se-Indonesia

Prof Nasih menegaskan, FEB untuk bisa menyesuaikan relevansi dari pendidikan di dunia ekonomi dengan tuntutan pada masyarakat. Sehingga, diharapkan adanya pengembangan kurikulum, pengembangan inovasi, hingga pengembangan entrepreneur.

”Kita tau output dari perguruan tinggi, yang pertama mendorong menjadi ilmuwan, peneliti, maupun dosen. Yang kedua, menjadi pegawai, dan yang ketiga menjadi pengusaha. Nah, menjadi pengusaha kita dorong karena investasi sudah mentok, lapangan kerja terbatas, pengangguran masih banyak. Sehingga, pengembangan entrepreneur harus menjadi perhatian kita semua, terutama FEB Unair,” tegasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Dekan FEB Unair, Prof Dr Dian Agustia SE MSi Ak CMA CA mengatakan, selama 63 tahun, FEB Unair telah banyak generasi emas yang berkontribusi nyata bagi bangsa dan negara. Berbagai prestasi telah diraih, baik di tingkat nasional maupun internasional.

Baca Juga:  SMP Al Falah Darussalam Tropodo Sidoarjo Gelar Achievement Motivation Training di Diklat Claket, Pacet, Mojokerto

Prof Dian menyebut, capaian prestasi dan rekognisi yang diraih Unair dan FEB Unair salah satunya adalah pemeringkatan QS World University Rankings (QS WUR). Khusus FEB Unair berdasarkan QS World University Rankings by Subject 2024, pada Accounting and Finance menempati posisi nomor satu di Indonesia, dan di QS Internasional posisi 101-150.

“Sedangkan, Economics and Econometrics posisi 1 di Indonesia, dan di QS Internasional posisi 151-200. Kemudian, Business and Management Studies posisi 3 di indonesia, dan di QS Internasional 251-300,” ungkapnya.

Di sisi lain, bertepatan dengan Dies Natalis ke-63, FEB Unair juga melakukan simbolis serah terima Entrepreneurship Center dari Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur.

Baca Juga:  DJP Jawa Timur II Gelar Pajak Bertutur 2024, Libatkan 16 Sekolah dan 2 Perguruan Tinggi

Prof Dian menjelaskan, Entrepreneurship Center diwujudkan dengan membangun koperasi pendidikan dengan melibatkan kegiatan mahasiswa dengan kegiatan proses pembelajaran dari ekonomi, sehingga bermanfaat bagi masyarakat.

”Yang utama meningkatkan kewirausahaan dari mahasiswa. Tidak berhenti dari sana, tapi bagaimana kewirausahaan dari perguruan tinggi mampu bersaing dengan startup nasional maupun internasional,” jelasnya.

Untuk menjalankan Entrepreneurship Center tersebut, FEB Unair juga akan melibatkan UMKM dan Perbankan, di antaranya Bank Indonesia, BRI, Bank Mandiri, Perum Bulog, Sriboga, dan Jamu IBOE. Termasuk mengembangkan produk halal seluruh produk di Unair. (aci)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *