Program iCOP PCU Kontribusi Hidupkan Kembali Desa Wisata di Kabupaten Mojokerto

SURABAYA, SURYAKABAR.com – International Community Outreach Program (iCOP) atau Kuliah Kerja Nyata (KKN) internasional yang digelar Petra Christian University (PCU) Surabaya dan diikuti 117 mahasiswa lintas negara turut berkontribusi dalam pembangunan desa wisata di Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur.

Salah satunya, dengan menghidupkan kembali Kolam Renang di Atas Awan yang berada di Desa Jembul, Kecamatan Jatirejo, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Destinasi wisata yang dibangun pada 2019 tersebut terpaksa berhenti beroperasi akibat terdampak pandemi Covid-19 pada 2020 lalu.

Rektor PCU, Prof Dr Ir Djwantoro Hardjito MEng mengatakan, program iCOP PCU yang diikuti 117 mahasiswa dari lima negara tersebut merupakan bentuk dari Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang digagas Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud).

Baca Juga:  iCOP PCU Diikuti 117 Mahasiswa dari 5 Negara, Bangun Sumber Air Bersih

Di desa yang menjadi lokasi iCOP tersebut, mahasiswa belajar kearifan lokal di desa, dan memberikan kontribusi nyata bagi warga setempat. Termasuk mengembangkan UMKM warga setempat untuk menambah penghasilan.

”Teman-teman ini tinggalnya di tengah masyarakat, harus di rumah warga dan berkesempatan belajar kearifan lokal. Bersama-sama warga menghidupkan kembali kolam renang ini, yang tadinya ada, karena berhenti dan dihidupkan kembali. Di dusun-dusun yang lain juga mengembangkan kembali wisata lainnya,” ujar Prof Djwantoro di sela-sela soft launching Kolam Renang di Atas Awan di Desa Jembul, Jatirejo, Mojokerto, Rabu (31/7/2024).

Bupati Mojokerto, dr Ikfina Fahmawati MSi yang turut hadir dalam kegiatan soft launching Kolam Renang di Atas Awan tersebut, mengaku bangga dan mengapresiasi apa yang dilakukan mahasiswa PCU dengan program pengabdian di desa-desa terluar di Kabupaten Mojokerto.

Baca Juga:  Tim Robot Ichiro ITS Juara di Belanda, Kalahkan 300 Tim dari 40 Negara

”Seperti Desa Jembul, sebagai salah satu desa ujung perbatasan kami, wilayah ini membutuhkan perhatian khusus, karena kondisinya yang terpencil dan berbatasan langsung dengan hutan,” ungkapnya.

”Berbagai kekayaan lokal yang belum tergali atau dihidupkan kembali diharapkan dapat meningkatkan taraf ekonomi masyarakat desa ini. Potensi alam di desa-desa ini sangat besar, dan kami berharap dapat memanfaatkannya untuk meningkatkan ekonomi masyarakat lokal,” sambungnya.

Baca Juga:  Mahasiswa ITN Malang Ciptakan Drone Amphibi Shark untuk Deteksi Illegal Fishing

International Community Outreach Program (iCOP) PCU ini digelar di lima lokasi yang berada di dua Desa di Kecamatan Mojokerto, mulai 14 Juli hingga 7 Agustus 2024.

Sebanyak 117 mahasiswa tersebut, terdiri dari 27 mahasiswa Dongseo University (DSU) Korea Selatan, 19 mahasiswa Inholland Hogeschool Belanda, 13 mahasiswa International Christian University Jepang, dan empat mahasiswa Fu Jen Catholic University Taiwan.

Selain itu, dari Indonesia berasal dari tuan rumah PCU Surabaya sebanyak 44 mahasiswa, dan 10 mahasiswa Universitas Katolik Widya Mandira (Unwira) Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT). Mereka didampingi Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dari PCU dan supervisor dari universitas peserta. (aci)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *