Berita Sidoarjo
Pengusaha Pentol di Krembung Sidoarjo ini Pekerjakan Penyandang Disabilitas dan Mantan Pemabuk

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Pabrik pentol Maju Mapan di Desa Tanjegwagir, Kecamatan Krembung, Sidoarjo memiliki seratusan karyawan. Dari jumlah tersebut terdapat penyandang disabilitas dan mantan pemabuk.

Sang pemilik usaha, M Abi Khoirul Rizal (40) mengatakan, terdapat tiga penyandang disabilitas dan sepuluh mantan pemabuk.

“Tiga penyandang disabilitas tersebut merupakan warga Desa Tanjegwagir. Semua orang harus memiliki kesempatan yang sama termasuk dalam hal kerja, karena kondisi mereka merupakan anugerah Gusti,” tuturnya.

Ia merasa salut, karena ketiga pekerja disabilitas tersebut mempunyai etos kerja yang sangat bagus. “Bahkan lebih giat dan disiplin dari pekerja yang lain,” tegas Abi.

Baca Juga:  1.000 Lowongan Bursa Kerja Hybrid 2023, Bupati Gus Muhdlor Utamakan Warga Lokal
Baca Juga:  Gelar Business Matching 2023, PCU Hadirkan 15 Startup Binaan

Sementara itu, perekrutan mantan pemabuk bukan tanpa alasan. “Dulu di desa sini banyak pemuda mabuk. Nah, dari mereka awalnya hanya satu yang bekerja di sini, namun terus bertambah sampai sepuluh orang,” terangnya.

Kesepuluh mantan pemabuk tidak hanya berasal dari desanya namun juga diambil dari luar desa. “Salah satu dari mereka merupakan mantan perampok. Ahamdulillah sekarang mereka bisa bekerja di sini mencukupi kebutuhan keluarga dengan cara yang baik. Kami juga terus memberikan siraman keagamaan biar mereka terus istiqomah,” ucap Abi.

Salah satunya adalah M Cahyono. “Saya dulu di Bungurasih. Bahkan sejak SMP saya sudah di sana,” kenangnya.

Ia merasa bersyukur bisa bekerja di sini. Ia juga mengaku sangat kerasan bekerja di pabrik pentol ini.

Abi sendiri awalnya adalah pekerja di pabrik olahan makanan di Pasuruan. Ia lalu memutuskan keluar dan memulai usaha pentol rumahan pada 2014 lalu. (sat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *