Sat Samapta Polres Gresik Imbau Bengkel Tidak Layani Pasang Knalpot Brong

GRESIK, SURYAKABAR.com – Menjelang perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, personel Unit Patroli Sat Samapta Polres Gresik menggelar razia pemasangan knalpot racing atau yang lebih dikenal dengan knalpot brong.

Kasat Samapta Polres Gresik AKP Sugeng Sulistyono mengatakan, selain melakukan imbauan kepada masyarakat, pihaknya juga mendatangi puluhan bengkel. “Kami mendatangi bengkel agar mereka tidak melayani pemasangan knalpot brong,” tutur Sugeng, Selasa (13/12/2022).

BACA JUGA:

Hal itu, lanjut Sugeng, untuk menciptakan keamanan dan kenyamanan ibadah Natal dan perayaan tahun baru. “Kita ketahui, knalpot brong menimbulkan suara sangat bising, sehingga mengganggu pengendara dan warga yang lain. Hal ini juga bisa menimbulkan keributan antarsesama warga. Maka itu kami melarang keras penggunaannya,” ucapnya.

Menurutnya, penggunaan knalpot brong juga memicu kecelakaan. “Biasanya mereka seringkali memacu motornya lebih kencang, sehingga rawan sekali terjadi laka lantas,” terangnya.

Razia penggunaan dan pencegahan knalpot brong di wilayah Gresik sudah seringkali digelar personel Polres Gresik. Beberapa waktu lalu kegiatan serupa dilakukan dengan menggandeng TNI.

“Kami juga mengimbau kepada seluruh masyarakat khususnya orang tua mengawasi anak-anaknya agar jangan sampai memasang knalpot brong pada motornya. Ini demi ketertiban dan keselamatan semua. (sat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *