Gus Ipul Dukung Khataman Alquran di Lapas

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Wakil Gubernur Jawa Timur, Syaifullah Yusuf (Gus Ipul) mendukung dan menghadiri khataman Alquran bersama ratusan Narapidana Rutan Kelas I Medaeng Surabaya di Waru Sidoarjo, Kamis (20/4/2017). Khataman bertemakan “Nusantara Mengaji” ini diikuti ribuan Napi dari masing-masing Lembaga Pemasyarakatan se-Nusantara.

Acara ini dalam kaitan memperingati hari Kebaktian Lembaga Pemasyarakatan Ke-53. Menurut Gus Ipul acara khataman bagi warga binaan merupakan kegiatan positif untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Karena, selama ini rutan atau lembaga pemasyarakatan hanya diisi orang-orang bermasalah dengan hukum kriminal.

“Agama itu menuntun manusia ke arah yang lebih baik. Adanya kegiatan ini, semoga menginspirasi warga binaan untuk menjadi orang yang baik setelah bebas dan keluar rutan. Tak lagi tergoda untuk berbuat kejahatan,” tandas Gus Ipul kepada wartawan, Kamis (20/4/2017).

Meski baru pertama kali digelar, Gus Ipul berharap acara semacam ini bisa digelar sesering mungkin.

Sementara, Sekjen NU Jawa Timur, Syafrudin Syarif mengatakan, kegiatan seperti ini tak lain untuk meningkatkan kesadaran nara pidana, apa yang telah dilakukan sebelumnya tak bermanfaat bahkan merugikan orang lain.

“Acara ini digelar di seluruh Lapas se-Nusantara. Dengan harapan, setelah berjalannya acara seperti ini bisa mengubah perilaku mereka nantinya,” kata Syafrudin Syarif.

Kenapa harus warga binaan? Menurutnya, kebanyakan warga binaan adalah orang yang mengalami kesusahan, banyak pikiran, dan tak sedikit orang yang mengalami stress. Sehingga acara ini bisa membantu untuk memecahkan segala persoalan mereka.

“Warga Binaan Pemasyarakatan itu tidak ada yang senang, semuanya sedang sedih ingin cepet segera keluar pingin ketemu keluarga. Dengan acara seperti ini bisa menambah ketentraman hati para Warga Binaan Pemasyarakatan,” jelasnya. (pn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *