Selama Ramadhan Warga Binaan Rutan Perempuan Kelas II A Surabaya Antusias Ikuti Kegiatan Rohani

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Tak ketinggalan dengan warga di ‘luar’, Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), Rutan Perempuan Kelas II A Surabaya di Porong Sidoarjo juga mengisi Bulan Ramadhan dengan berbagai kegiatan rohani di antaranya Shalat Tarawih, qasidah rebana, tadarusan, khataman serta kajian Al Hadis.

“Setiap Ramadhan kita rutin menggelar pembinaan rohani. Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan para warga binaan, khususnya di Bulan Suci Ramadhan,” tutur Kasubsi Pelayanan Tahanan Rutan Perempuan Klas II A Surabaya, Siti Viona Aidilla, Jumat (15/4/2022).

Viona menambahkan, pihaknya berharap warga binaan tetap bisa menikmati suasana Ramadhan dengan mengikuti beragam kegiatan rohani. Dengan begitu, keimanan warga binaan muslim semakin meningkat.

Kegiatan qasidah rebana digelar di gazebo, sedangkan Shalat Tarawih, tadarusan, khataman dan kajian hadis digelar di Masjid Al Insyiroh kompleks Rutan di Desa Kebonagung.

BACA JUGA:

Kegiatan tadarus, lanjut Viona, mengunakan sistem bergantian per kamar. Bahkan ada dua kamar yang sudah khatam. Sementara itu untuk kajian hadis, saat ini sudah mandiri dilaksanakan per kamar.

“Harapannya ketika teman-teman sudah bebas nanti sudah memiliki bekal. Sudah punya kebiasaan untuk diterapkan di luar,” harap Viona.

Salah satu warga binaan NL (31) mengatakan, dirinya lebih tenang, setelah mengikuti kegiatan rohani tersebut. Perempuan yang tersandung kasus narkoba dengan masa hukuman 5 tahun itu terlihat bersemangat mengikuti pembinaan rohani setiap hari.

“Meski saya berada di rumah tahanan, dengan mengikuti kegiatan rohani di Bulan Ramadhan rasanya seperti berada di kampung sendiri,” katanya.

Ia menambahkan, pada tahun lalu ia juga rutin mengikuti kegiatan serupa. “Selain untuk mengisi waktu, hal ini bisa menambah keimanan untuk memperbaiki diri,” imbuhnya. (aha)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *