RW 05 Perum Taman Candiloka Ngampelsari Candi Ditunjuk Ikut Lomba PPKM Mikro

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Komando Daerah Militer (Kodam) V Brawijaya begitu gigih memerangi virus Covid-19. Guna memutus penyebaran Covid-19, Kodam V Brawijaya melakukan berbagai upaya di antaranya menggelar lomba Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro.

Lomba PPKM Mikro ini berjenjang. Diawali dari tingkat Komando Distrik Militer (Kodim) kemudian juaranya lolos ke tingkat Komando Resor Militer (Korem). Juara satu hingga tiga di tingkat Korem lolos untuk mengikuti lomba di tingkat Kodam.

Di tingkat Kodim Sidoarjo ada enam daerah yang berlomba, yakni Candi, Tanggulangin, Krembung, Krian, Taman dan Sukodono.

Komando Rayon Militer (Koramil) Candi menunjuk RW 05 Perum Taman Candiloka, Ngampelsari, Candi untuk mengikuti lomba tersebut yang akan digelar, Jumat (19/2/2021).

“Juara di tingkat Sidoarjo akan mengikuti lomba berikutnya di tingkat Korem untuk bersaing dengan wakil dari Surabaya, Gresik dan Madura. Madura meliputi Bangkalan, Sampang, Pamekasan dan Sumenep,” kata Kapten Infanteri Sanusi, Komandan Koramil Candi kepada suryakabar.com, Rabu (17/2/2021).

Lebih jauh Kapten Inf Sanusi menyebut di tingkat Korem nantinya akan diambil tiga juara untuk berlomba di tingkat Komando Daerah Militer (Kodam) V Brawijaya.

“Kami tidak sekadar ingin memenangi lomba ini, tetapi yang lebih penting bisa memenangi perang melawan Covid-19. Itu sebabnya posko PPKM Mikro Taman Candiloka ini bisa melaksanakan fungsi pencegahan, penanganan, pembinaan maupun fungsi pelaksanaan pendukung terhadap penanganan dan pengendalian Covid-19,” urainya.

Terkait kesiapan posko Perum Taman Candiloka, Kapten Inf Sanusi mengatakan, relawan di posko Perum Taman Candiloka ini sudah ada sejak sebelum dilakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). “Sampai sekarang proses isolasi mandiri, keterlibatan masyarakat mendukung,” terangnya.

arif bs n danramil
Komandan Koramil Candi, Kapten Infanteri Sanusi (kaos biru) didampingi Ketua RW 05 Perum Taman Candiloka M Arif BS (empat kanan) memimpin persiapan lomba PPKM Mikro.

Kapten Inf Sanusi juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Desa (Pemdes) Ngampelsari, tokoh masyarakat RW 05 Perum Taman Candiloka yang mendukung dan menggiatkan PPKM Mikro ini.

“Kami sangat mendukung kegiatan ini. Apalagi lingkungan, masyarakat dan tokoh masyarakat sangat mendukung terhadap penanggulangan penyebaran Covid-19. Di Perum Taman Candiloka ini sendiri kegiatan dalam penanggulangan Covid-19 sudah sering muncul di televisi nasional. Wilayah ini kontribusinya dalam penanggulangan penyebaran Covid-19 luar biasa,” tandasnya.

Pj Kepala Desa Ngampelsari, Anang Wahyu Hari Widodo mengatakan, RW 05 Perum Taman Candiloka sistem protokol kesehatan (prokes), satgas Covid-19 sudah jalan.

“Bahkan sejak dibentuknya Satgas, sampai sekarang masih aktif dan jalan. Ketika ada warga yang kena, di tingkat satpam, koordinator blok, tingkat RT bahkan tingkat RW peduli sekali. Peduli warga tinggi. Bantuan pun juga ada seperti sembako. Tapi jangan dilihat bantuannya, tapi kepeduliannya itu,” kata Anang Wahyu Hari Widodo.

Menurut Anang, di Perum Taman Candiloka itu jika ada warga yang sembuh dari Covid-19, tetap disambut seperti sediakala.

“Warga di sini tidak merasa takut dengan warga yang baru sembuh, karena yang ditakutkan itu penyakitnya (Covid-19) bukan orangnya. Orangnya kalau sudah sembuh ya sudah, kita terima kembali. Itu semata-mata RT, RW, pemerintah desa memberikan rasa kepastian, kalau sudah sembuh ya sembuh, jangan dikucilkan,” paparnya.

Itu sebabnya, lanjut Anang, masalah penanganan memutus Covid-19 ini tugas bersama, mulai dari lingkungan paling kecil di rumah tangga, RT, RW hingga pemerintah desa peduli untuk memutus penyebaran Covid-19.

Sementara itu Ketua RW 05 Perum Taman Candiloka, M Arif BS berterimakasih seiring ditunjukkan RW 05 Perum Taman Candiloka mengikuti lomba PPKM Mikro yang digelar Kodam V Brawijaya.

“Tadi pagi kami diberitahu terkait penunjukkan RW 05 Perum Taman Candiloka ikut lomba PPKM Mikro. Kami sangat mendukung kegiatan ini dan kami akan berupaya semaksimal mungkin untuk mengikuti lomba,” ungkap M Arif BS. (es)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *