Pertamina SMEXPO 2024, Jajakan Kopi Nusantara, Eksplorasi dari Jawa hingga Sumatra

JAKARTA, SURYAKABAR.com – Bagi pecinta Kopi Nusantara, ajang Pertamina Small Medium Enterprise Expo (SMEXPO) 2024, jangan sampai terlewatkan. Gelaran tahunan yang menghadirkan mitra binaan UMKM Pertamina berlangsung di Mal Kota Kasablanka Jakarta hingga, Minggu (27/10/2024). 

Ajang bertajuk ‘Lokal jadi Vokal’ ini menjadi surga bagi penikmat kopi, karena menyuguhkan berbagai varian mulai dari Jawa hingga Sumatra.

Minuman yang populer ini, banyak dipasarkan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) mitra binaan Pertamina, karena cita rasa yang khas dengan inovasi produk yang diminati konsumen.

Varian asal Sumatra Selatan contohnya, disajikan mitra binaan Kopi Putra Abadi salah satu UMKM yang ikut memasarkan produk-produk olahan kopi, dari minuman hingga camilan rasa kopi dalam berbagai rasa.

Dionisio T. Saputra, pemilik Kopi Putra Abadi mengaku usaha bisnis keluarganya ini memadukan keripik dengan cita rasa kopi lokal dari Pagar Alam, Sumatra Selatan (Sumsel).

Baca Juga:  Poktan Kopi Dampit Dapat Pelatihan Inovasi Pupuk Organik dari Pakar Pertanian UB

“Kopi andalan kami ada fine robusta atau robusta premium. Produk turunannya yaitu inovasi baru berupa stik dan pangsit kopi, ini produk baru kami. Bisnis kami awalnya keripik mulai tahun 2006, kalo untuk kopinya baru tahun 2015,” kata Dion di sela acara SMEXPO 2024.

Saat ini, usaha Putra Abadi yang dilengkapi pabrik mampu mengolah kopi petani Sumsel hingga 12 ton per tahun. Rencananya, dalam waktu dekat UMKM ini akan memperluas bisnis dengan membuka kedai di Sumsel.

Menurut Dion, rata-rata pendapatan atau omzet yang dihasilkan di SMEXPO mencapai Rp5 juta, mencerminkan tingginya minat pengunjung pada produknya. Melalui SMEXPO, Kopi Putra Abadi juga mendapatkan kesempatan tampil untuk brand awareness bagi masyarakat.

Baca Juga:  JCC dan Festival Peneleh 2024 BI Jatim Momentum Promosi Kopi ke Dunia Internasional

“Kami melibatkan petani lokal untuk bersama kami memperkenalkan kopi dan kami kontrak bagaimana mereka bisa memiliki kopi dengan kualitas premium. Kami juga berusaha untuk mengubah dari lingkungan sendiri, kopi gak selamanya pahit, nggak selamanya hitam,” jelasnya.

Namun Dion mengakui, tantangan industri kopi saat ini yaitu meroketnya harga biji kopi dunia. Karena, beberapa negara produsen kopi mengalami gagal panen akibat cuaca panas.

“Itu membuat kopi di Indonesia lebih mahal dan bisa mengubah hidup para petani,” jelasnya.

Kedai Kopi Berbagi yang mempekerjakan Sobat Istimewa, yakni komunitas disabilitas, juga hadir di gelaran SMEXPO 2024 di Jakarta.

Baca Juga:  Festival Gandrung Sewu Banyuwangi Libatkan 1350 Penari Gandrung Pukau Ribuan Penonton

Manager Operasional Kopi Berbagi Dwiky Setya Bakti menyebut keunikan dari kedai kopi yang berlokasi di wilayah Margahayu, Bandung ini karena berbagai macam jenis menu sebagian diproduksi dan disajikan pekerja penyandang disabilitas.

“Untuk value dari kopi berbagi sendiri sih kita mempekerjakan sebagian karyawan-karyawan yang difabel. Barista, waiters, dan tim produksi di dapur pun ada yang difabel,” kata Dwiky di SMEXPO 2024.

Tak hanya pekerja, dari segi layout dan fasilitas kedai, Kopi Berbagi juga menawarkan fasilitas yang ramah bagi para disabilitas. Dari segi produk, kopi susu menjadi andalannya karena aromatik yang khas.

Vice President Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso menjelaskan, Pertamina SMEXPO 2024 merupakan rangkaian kegiatan pengembangkan UMKM binaan Pertamina.

“Berbagai aktivitas kami selenggarakan di ajang SMEXPO 2024 ini guna menyosialisasikan produk-produk UMKM berkualitas binaan Pertamina kepada masyarakat umum dan para pemangku kepentingan lainnya. Kami berharap berbagai kegiatan ini bisa meningkatkan akses pasar UMKM,” kata Fadjar.

SMEXPO 2024 berlangsung selama enam hari di Grand Atrium, Mal Kota Kasablanka, Jakarta pada 22-27 Oktober 2024.

UMKM mitra binaan Pertamina telah menampilkan ratusan produk, mulai dari kerajinan tangan hingga makanan olahan. Pengunjung dapat menikmati tidak hanya beragam produk lokal berkualitas, tetapi juga promosi menarik, diskon, dan berbagai kegiatan seru sepanjang acara. (*)