ITS Raih Tiga Juara Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia Award 2024 di Kendari

SURABAYA, SURYAKABAR.com – Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) meraih tiga gelar juara pada Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) Expo XV yang digelar di Universitas Halu Oleo, Kendari, Jumat (25/10/2024).

Kepala Seksi Kewirausahaan dan Bimbingan Konseling Direktorat Kemahasiswaan (Ditmawa) ITS Eka Dian Savitri SHum MA mengatakan, pada ajang tahunan kewirausahaan mahasiswa berskala nasional ini, ITS mengirim lima tim untuk mengikuti pameran. Kelima tim ITS tersebut berasal dari Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW).

Dari kelima tim yang lolos pada KMI Award, ITS berhasil meraih Juara I kategori Bisnis Digital Tahap Bertumbuh melalui platform Raihasa.

“Raihasa merupakan website penyedia layanan beasiswa berbasis peer to peer. Platform ini menjadi solusi untuk mewujudkan akses pendidikan yang lebih inklusif bagi masyarakat Indonesia,” ujar Eka.

Baca Juga:  Pertamina SMEXPO 2024, Jajakan Kopi Nusantara, Eksplorasi dari Jawa hingga Sumatra

Melalui Tim Aquasense, ITS juga berhasil meraih Juara III pada kategori Manufaktur dan Teknologi Terapan Tahap Bertumbuh.

“Tim yang mengembangkan inovasi alat monitoring dan peningkatan kualitas air berbasis Internet of Thing (IoT) ini menyasar para petambak. Tujuannya untuk meningkatkan produktivitas petambak,” terangnya.

Selain itu, ITS juga meraih Juara Harapan II pada kategori Stand Up Comedy. Seni komedi yang dibawakan mahasiswa Departemen Teknik Sistem dan Industri ITS Muhammad Haikal Fikri Azhari itu berhasil mengundang gelak tawa pengunjung melalui topik Wirausaha Merdeka Rakyat.

Baca Juga:  Baru Empat Tahun Berdiri, DMT ITS Raih Akreditasi Unggul dari LAMEMBA

Eka menjelaskan, prestasi ITS pada gelaran KMI Expo 2024 ini merupakan hasil dari persiapan yang cukup matang sejak September 2024.

“Hal itu tidak lepas dari peran ITS dalam menyediakan sarana pelatihan rutin bagi setiap tim yang tergabung dalam P2MW. Setiap tim juga dapat melakukan konsultasi kepada praktisi-praktisi ahli dalam bisnis,” jelasnya.

Baca Juga:  Penyiar RRI Malang Esty Sulistya Juara Kompetisi Penyiar Tingkat Asia Pasifik, Sisihkan Peserta dari 65 Negara

Eka berharap, melalui sarana pengembangan bisnis yang disediakan kampus, ITS dapat lebih banyak melahirkan inovasi di bidang bisnis. Ia meyakini potensi mahasiswa ITS dalam berbagai ajang kompetisi dapat dikembangkan menjadi produk yang bernilai ekonomis untuk dipasarkan dalam lingkup global.

Prestasi ITS dalam ajang yang diikuti 284 perguruan tinggi di Indonesia ini menjadi bukti komitmen ITS dalam memberikan sarana pengembangan minat bisnis bagi mahasiswa.

“Kami berpesan agar mahasiswa ITS dapat memiliki semangat tinggi untuk memanfaatkan fasilitas yang disediakan ITS. Melalui program tersebut, mahasiswa memiliki kesempatan luas untuk terjun menjadi seorang wirausaha,” pungkasnya. (aci)