Raih Juara Seni Baca Alquran, Danang Siswa Smamda Sidoarjo dapat Golden Tiket Universitas Muhammadiyah Malang

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Prestasi membanggakan kembali diraih SMA Muhammadiyah 2 (Smamda) Sidoarjo. Guru dan muridnya mampu meraih juara di berbagai kategori di ajang Muhammadiyah Education Awards (MEA) yang digelar Majelis Dikdasmen Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jatim di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Salah satu siswa yang berhasil menjuarai kompetisi tersebut adalah Danang Syamsudin Machmud. Danang merebut juara Lomba Qiroah atau seni membaca Al Quran, setelah mengungguli puluhan kompetitor lainnya dari SMA dan SMK Muhammadiyah se Jawa Timur.

Atas prestasi yang diraih, Danang dapat Golden Tiket masuk di Universitas Muhammadiyah Malang. Danang juga bebas SPP di semester pertama serta potongan 50 persen Dana Pengembangan Pendidikan.

“Lawan terberat saya dari SMA Muhammadiyah 4 Surabaya, karena suaranya memang bagus dan nafasnya panjang. Namun Alhamdulilah saya berhasil juara 1,” ucap Danang, Rabu (23/10/2024).

Baca Juga:  Kemenkeu Mengajar ke-9 di Sidoarjo Hadir di SD Muhammadiyah 1 Candi Labschool Umsida, SMPIT Insan Kamil, dan SMK Telkom Sidoarjo

Menurut Danang, sebelumnya, saat dirinya duduk di Sekolah Dasar dan SMP, ia seringkali menjuarai lomba Qiroah, meskipun di tingkat lokal.

“Aslinya juga grogi dan sempat panik. Karena lomba sebesar ini dengan jumlah peserta sebanyak itu. Tapi, alhamdulillah akhirnya saya menjadi juara 1 dan mendapatkan sertifikat dan medali emas,” terang siswa Kelas X6 Smamda Sidoarjo ini.

Danang mengaku, sebelum berlaga di kompetisi ini, ia berlatih selama sebulan. Saat perlombaan banyak peserta lain yang memiliki suara cukup khas, tenang dan tarikan nafas yang panjang.

Baca Juga:  Mantan Rektor UMM Tiga Periode Muhadjir Effendy Diangkat Jadi Penasihat Khusus Presiden

“Memang banyak peserta lainnya yang skill membaca Al Qur’an sangat bagus, bahkan nadanya selalu terlihat tenang. Makanya saya sempat grogi bisa menjadi juara. Ketika babak penyisihan, saya menjadi peringkat paling atas di antara peserta lainnya,” urai siswa warga Desa Putat, Kecamatan Tanggulangin ini.

Usai juara di kompetisi ini, ia bertekad mengikuti Lomba Qiroah di ajang yang lain. Salah satunya mengikuti kompetisi serupa pada Nopember 2024 mendatang di Universitas Negeri Malang (UM) yang diikuti peserta umum.

Kepala Smamda Sidoarjo, Muhammad Zainul Arifin menegaskan selalu mensupport semua kegiatan siswa dan siswi, guru dan tenaga pendidik Smamda yang berprestasi.

Baca Juga:  Peringati Hari Santri Nasional 2024, Plt Bupati Banyuwangi Sugirah Ajak Para Santri Raih Kesuksesan Lewat Pendidikan

Selain itu juga memberikan reward agar prestasinya itu selalu dijaga dan ditingkatkan melalui berbagai kegiatan serta mendelegasikan setiap ada perlombaan, baik di tingkat daerah, provinsi maupun skala nasional.

“Khusus para siswa dan siswi berprestasi maupun kalangan guru kami selalu mendukung secara maksimal. Kami juga berupaya memfasilitasi prestasi itu di bidangnya masing-masing agar mereka selalu berprestasi. Ini bukti virus prestasi itu tetap terjaga. Karena itu, sesuai visi dan misi sekolah yakni unggul dan berkarakter Islami dipegang teguh seluruh siswa, guru dan tenaga pendidik,” tuturnya. (sat)