Berita Sidoarjo
Yayasan Pendidikan dan Sosial Maarif Gelar Apel Besar Hari Santri Nasional 2024 Diikuti Sekitar 5.000 Santri dan Santriwati

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Yayasan Pendidikan dan Sosial Maarif sukses menggelar Apel Besar Hari Santri Nasional 2024, yang digelar di lapangan Ngelom, Kecamatan Taman, Sidoarjo, Selasa (22/10/2024).

Apel Besar ini diikuti sekitar 5.000 santri-santriwati dari berbagai lembaga pendidikan di bawah naungan Yayasan Pendidikan dan Sosial Maarif.

Mengusung tema “Menyambung Juang Merengkuh Masa Depan”, apel besar ini bertujuan menginspirasi generasi muda agar terus berjuang dan berkontribusi positif bagi masyarakat.

Salah satu highlight acara ini adalah penampilan Tari Saman yang melibatkan 1.200 santriwati, penampilan seni Pagar Nusa yang diperagakan 200 murid serta penampilan drama kolosal yang menceritakan tentang para kyai dan santrinya untuk memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia.

Baca Juga:  Polresta Sidoarjo Sosialisasi Tertib Berlalu Lintas di Kalangan Santri pada Peringati Hari Santri Nasional 2024

Dalam sambutannya Ir. H. Ahmad Makki, MT, Ketua YPM menuturkan, Hari Santri adalah untuk mencapai sebuah kebahagiaan dengan menyambungkan diri dengan para alim ulama.

“Semua mengetahui, tokoh utama dari kegiatan peringatan Hari Santri adalah Hadratussyeikh KH. Hasyim Asy’ari yang tadi kita sudah berikrar bahwa kita menyambung sanad ilmu pada beliau,” tuturnya.

Baca Juga:  SMP Wahid Hasyim 8 Waru Sidoarjo Gelar Teatrikal Hari Santri Nasional
Baca Juga:  Basket SMP Raudlatul Jannah Waru Kalahkan SMPN 3 Sidoarjo di Turnamen Smaradja Cup III 2024

Menurutnya, semua santri YPM telah menyambung sanad pada seorang alim ulama yang luar biasa, alim ulama yang memiliki kapabilitas yang diakui secara internasional yang memiliki kemampuan luar biasa.

“Maka kami harapkan anak-anakku punya komitmen, punya niat punya kemauan untuk benar-benar meneladani beliau, contoh cara berpikir beliau, contoh cara beliau berperilaku, contoh cara beliau untuk berhubungan dengan orang lain. Beliau adalah seorang kiai besar yang memiliki rasa kasih sayang yang luar biasa baik pada santrinya maupun ke masyarakat,” ungkapnya.

Ia menambahkan, Yayasan Pendidikan dan Sosial Maarif berharap, semangat yang ditunjukkan selama acara ini dapat terus menginspirasi seluruh santri untuk berinovasi, belajar, dan memberikan kontribusi yang bermanfaat bagi lingkungan sekitar. (sat)