HUT Ke-15 FIB Universitas Brawijaya, Ratusan Peserta Ramaikan Cosplay Fun Run, Usung Tema Superhero

MALANG, SURYAKABAR.com – HUT ke-15 Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Brawijaya (UB) tahun ini diramaikan ratusan peserta Cosplay Fun Run. Kali ini mengusung konsep dan tema unik yakin Superhero.

Tidak sedikit peserta yang mengusung tema pahlawan baik dari Hollywood, Marvel, hingga anime, serta pahlawan lokal. Tujuan diadakan Cosplay Fun Run ini untuk mengumpulkan pecinta cosplay sekaligus yang juga gemar berlari.

Cosplay Fun Run diadakan, Minggu (20/10/2024) di Lapangan Kampus UB Dieng mulai pukul 05.30 WIB. Peserta terlihat sangat antusias mulai pagi hari.

Hal ini terlihat dari sangat beragamnya para peserta, mulai dari anak-anak hingga dewasa dengan bermacam-macam kostum yang lucu, unik, dan kreatif.

Beberapa kategori dari event lari ini yaitu (1) umum untuk jarak 5 km, (2) kid dash usia 6-12 tahun dengan jarak 1 km, dan (3) kid dash usia di bawah 6 tahun dengan jarak 1 km.

Baca Juga:  Unhas Juara Umum Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional Ke-37 di Unair

Perbedaan kategori untuk anak-anak yaitu untuk kategori usia di bawah 6 tahun wajib ditemani orang tua selama kegiatan lari berlangsung.

Dalam segi persiapan tim kesehatan, tim Cosplay Fun Run yang diketuai Wiranto Aji Dewandono, M.Pd., ini bekerjasama dengan RS UB untuk menyediakan satu ambulans, dua dokter, serta satu perawat sebagai tim medis.

Jadi tidak perlu khawatir jika ada peserta yang merasa tidak kuat untuk berlari atau yang merasa sakit dan membutuhkan bantuan paramedis. Tim FIB sudah siap untuk beberapa kemungkinan yang terjadi.

Selain itu, FIB UB juga bekerjasama dengan komunitas Run Malang Run atau RMR untuk menghandle jalannya fun run. Brand-brand terkenal seperti Oppo, BRI, BNI, WW Gym, Dedayu Villa, Konterplus, Huga’s Kitchen, Catalis Deco, Kahf, Society Physiotherapy, Pocari Sweat, Crystaline, serta Sunpride turut serta menjadi pihak sponsor pada acara race ini, dan berbagai tenant bazaar yang menyemarakkan acara.

Baca Juga:  Mahasiswa Universitas Brawijaya Bikin Software Rekomendasi Tanaman Berbasis Machine Learning

Selain peserta dari umum, kegiatan ini juga diikuti tenaga kependidikan, dosen, mahasiswa FIB UB, perwakilan dari FKH, Fikes, dan Vokasi UB Dieng dengan kurang lebih sebanyak 400 peserta.

Titik start mulai Gedung B Fikes dan finish di tempat yang sama dengan dua rute yang berbeda untuk fun run 5k dan kid dash 1k. Masing-masing peserta mendapat medali, race pack, BIB number, serta refreshment berupa pisang dari Sunpride, air minum Crystaline, dan Pocari Sweat.

Setelah memasuki garis finish, para peserta diajak mengikuti Zumba bersama coach Intan. Peserta juga dapat menikmati hiburan dari Helena Music, bazar makanan dan minuman, serta stand lainnya.

Selain memberikan hadiah bagi masing-masing tiga pemenang kategori cosplay terdetail dan terunik, panitia juga menyiapkan hadiah untuk pemenang kategori cosplay anak-anak.

Baca Juga:  ITS Sukses Tembus Tiga Besar Pimnas Ke-37

Pemenang kategori cosplay terdetail juara pertama diraih peserta yang mengusung konsep Spiderman, juara kedua dengan tema wayang Srikandi, sedangkan juara ketiga mengambil tema Predator.

Pemenang kategori cosplay terunik, juara pertama dengan konsep cosplay The Punisher, juara kedua diraih peserta dengan konsep Kopral Jono, dan juara ketiga diraih peserta dengan cosplay Frieren dan Himmel dari salah satu film anime.

Untuk cosplay kategori anak-anak, juara pertama bertemakan Snow White, juara kedua Tinker Bell, dan juara ketiga Son Goku, Dragon Ball.

Baca Juga:  KAI Daop 8 Surabaya Buka Peluang Perusahaan Branding di Stasiun dan Kereta

Dalam sambutannya, Dekan FIB UB, Hamamah, Ph.D., mengajak para peserta untuk bersenang-senang. Diharapkan kegiatan ini makin mempererat persaudaraan antar keluarga besar FIB UB khususnya, dan seluruh peserta dengan masyarakat pada umumnya.

“Selamat datang dalam acara Cosplay Fun Run pada Dies Natalis FIB UB ke-15. Saya menyampaikan apresiasi kepada seluruh peserta yang hadir memakai kostum yang sangat kreatif yang datang untuk mendukung acara ini,” ucapnya.

“Saya sampaikan terima kasih pada partner kami, RMR. Kemudian juga kepada seluruh sponsor atas terselenggaranya acara ini dengan meriah,” sambungnya.

“Acara hari ini bukan hanya untuk olahraga dan bergembira, tetapi juga untuk menunjukkan kebersamaan. Jadi mari kita nikmati acara hari ini. Selamat berolahraga! selamat bergembira!” pesannya.

Beberapa peserta turut menyampaikan pesan dan kesan atas terselenggaranya Cosplay Fun Run ini. “Tahun depan adain lagi cosplay-an seperti ini, seru soalnya. Anak saya juga semangat ikutan cosplay superhero,” ungkap Ayu.

Peserta lain juga mengungkapkan hal serupa. “Acaranya seru, bisa diagendakan jadi acara tahunan. Lalu bisa ganti-ganti tema cosplay-nya,” ujar Nourma. (abs)