Unhas Juara Umum Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional Ke-37 di Unair

SURABAYA, SURYAKABAR.com – Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, Sulawesi Selatan, merebut juara umum Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) ke-37 yang digelar di Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, 15-18 Oktober 2024.

Tim Unhas meraih 19 medali. Rinciannya, 9 medali emas, 6 medali perak, dan 4 medali perunggu untuk kategori poster dan presentasi.

Tim Unhas juga berhasil meraih 1 gelar juara favorit pada kategori poster. Selain itu, 3 mahasiswa Unhas juga meraih penghargaan individu sebagai Mahasiswa Bertalenta.

Baca Juga:  ITS Sukses Tembus Tiga Besar Pimnas Ke-37

Sedangkan, peringkat kedua dan ketiga terbaik pada Pimnas ke-37 masing-masing diraih Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya.

Peringkat keempat diraih Universitas Brawijaya (Unibraw), kelima Institut Pertanian Bogor (IPB), keenam Universitas Negeri Malang (UM), tuan rumah Universitas Airlangga (Unair) Surabaya peringkat ketujuh, kedelapan Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS), kesembilan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), dan kesepuluh diraih Politeknik Negeri Malang (Polinema).

Baca Juga:  Pertamina Goes to Campus 2024 di Singapura, Ajak Mahasiswa Indonesia Bangun Masa Depan Energi Berkelanjutan

Piala tersebut diserahkan langsung Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek, Ir Suharti MA PhD kepada Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unhas, Prof Drg Muhammad Ruslin MKes PhD SpBM(K).

Suharti mengapresiasi gelaran Pimnas ke-37 di Unair dan kepada seluruh peserta dari berbagai perguruan tinggi di seluruh Indonesia. Para peserta Pimnas telah menyajikan karya membanggakan.

“Bayangkan, 525 tim dari 118 perguruan tinggi, yang terpilih dari 43 ribu tim. Artinya, hanya 1,2 persen saja dari yang mendaftar yang bisa bersama-sama kita di sini. Dan, tentunya apresiasi untuk semua peserta dan pembimbing yang sudah berpartisipasi pada PIMNAS,” ungkap Suharti.

Baca Juga:  PENS dan Kadin Nigeria Tandatangani MoU di Trade Expo Indonesia 2024

Sementara itu Prof. Drg. Muhammad Ruslin, M.Kes., Ph.D., SpBM(K) menyampaikan kebanggaannya atas prestasi luar biasa ini. Sebelumnya, pada 2023, Unhas berada di peringkat 7 nasional dan 2024 meraih juara umum.

“Kemenangan ini merupakan hasil kerja keras seluruh tim dan dukungan penuh dari Universitas Hasanuddin. Pencapaian ini menunjukkan, mahasiswa Unhas tidak hanya memiliki kemampuan akademik yang unggul, tetapi juga kreativitas dan inovasi yang luar biasa. Kami sangat bangga dan berharap prestasi ini dapat terus memotivasi seluruh civitas akademika untuk berkontribusi lebih besar lagi di ajang nasional maupun internasional,” ungkapnya. (aci)