KAI Daop 8 Surabaya Buka Peluang Perusahaan Branding di Stasiun dan Kereta

SURABAYA, SURYAKABAR.com – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi (Daop) 8 Surabaya mengajak perusahaan-perusahaan untuk bekerja sama dalam program branding di stasiun, kereta, dan hak penamaan (naming rights) stasiun di wilayah Daop 8 Surabaya.

Kerja sama tersebut, diharapkan membuka peluang besar bagi mitra bisnis untuk meningkatkan eksposur brand di hadapan publik yang luas.

Manajer Humas KAI Daop 8 Surabaya Luqman Arif mengatakan, melalui program hak penamaan (naming rights) stasiun, mitra tidak hanya akan mendapatkan eksposur visual, namun juga mendapatkan penyebutan nama brand secara langsung dalam setiap perjalanan kereta api.

Baca Juga:  Kereta Eksekutif Layani 9,4 Juta Penumpang hingga Triwulan Ketiga 2024

“Setiap kali kereta tiba atau berangkat dari stasiun, nama stasiun yang disematkan dengan brand mitra akan disebutkan dalam pengumuman, dan tercetak dalam semua tiket KA,” ujar Luqman, Sabtu (19/10/2024).

Menurutnya, hal ini memberikan peluang yang sangat efektif untuk menanamkan brand mitra ke dalam ingatan para penumpang KA secara berulang, serta menjadikannya bagian dari pengalaman harian pengguna ketika beraktivitas maupun traveling.

Baca Juga:  ITS Sukses Tembus Tiga Besar Pimnas Ke-37

Sedangkan, pada rangkaian kereta, mitra bisa melakukan body branding di seluruh rangkaian KA tersebut. “Produk bisa ditampilkan secara visual ketika KA tersebut beroperasi dari stasiun keberangkatan hingga di stasiun kedatangan sesuai relasi KA tersebut. Selain itu, mitra juga bisa memanfaatkan cover seat di tiap tempat duduk di seluruh rangkaian kereta api,” ungkapnya.

Luqman menyebut, program iklan di kereta dan stasiun wilayah Daop 8 memungkinkan mitra untuk menampilkan iklan mereka kepada puluhan ribu penumpang KA setiap hari.

“Iklan di dalam kereta maupun di stasiun menawarkan frekuensi tinggi dan captive audience, serta menjamin pesan brand akan dilihat secara konsisten oleh target audiens,” terangnya.

Baca Juga:  Pertamina Goes to Campus 2024 di Singapura, Ajak Mahasiswa Indonesia Bangun Masa Depan Energi Berkelanjutan

Sebagai informasi, pada September 2024, jumlah penumpang di stasiun wilayah Daop 8 Surabaya 2.707.109. Terdiri dari 473.189 penumpang keberangkatan KA jarak jauh, dan 870.048 penumpang keberangkatan KA lokal, serta 482.347 penumpang kedatangan KA jarak jauh dan 881.525 penumpang kedatangan KA lokal.

Selain itu, KAI Daop 8 Surabaya memiliki 52 stasiun di 12 Kabupaten/Kota dengan jumlah perjalanan KA per hari sebanyak 49 keberangkatan KA Jarak jauh dan 64 KA lokal.

Beberapa stasiun telah terhubung dengan angkutan lanjutan, baik itu online ataupun konvensional seperti Damri, Wira Wiri, ataupun Aero Trans. (aci)