Berita Sidoarjo
Peringati Hari Karantina Indonesia ke-147, Kantor Karantina Jatim Gelar Bazar Pangan Murah

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Balai Karantina Hewan, Ikan dan Tumbuhan Provinsi Jawa Timur (BKHIT Jatim), memperingati Hari Karantina Indonesia (HKI) ke-147 dengan menggelar aneka kegiatan.

Ada tiga kegiatan yang digelar di kantor Karantina Jatim, Jalan Raya Juanda, Sidoarjo, Jumat (11/10/2024). Kegiatan itu meliputi jalan sehat, santunan anak yatim serta Gerakan Pangan Murah dan Bazar yang digelar di halaman belakang.

Kegiatan dibuka Kepala BKHIT Jatim, Hari Yuwono Ady dengan memberangkatkan jalan sehat yang diikuti para pegawai Karantina Jatim.

Usai jalan sehat, Hari Yuwono Ady memberikan santunan kepada beberapa perwakilan anak yatim. Ia kemudian meninjau Bazaar Pangan Murah. Ia nampak berdialog dengan petugas stan dan warga yang antusias berbelanja.

Baca Juga:  Banyuwangi Miliki Wisata Bahari Spot Bawah Laut Pasukan Majapahit

Hari mengatakan, Gerakan Pangan Murah dan Bazar yang digelar, pihaknya bekerjasama dengan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Jatim, Dinas Kelautan dan Perikanan Jatim, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Surabaya serta Dinas Perikanan Kabupaten Sidoarjo.

“Tujuan kegiatan ini untuk mendekatkan diri dengan masyarakat, sehingga paham fungsi karantina sekaligus mengenalkan Badan Karantina Indonesia yang baru berumur satu tahun,” tuturnya.

Baca Juga:  2.815 Wajib Pajak Ikuti Edukasi Coretax Tahap Pertama DJP Jatim I

Menurutnya, Badan Karantina Indonesia punya fungsi pencegahan keluar dan masuknya hama dan penyakit ikan serta hewan karantina, organisme pengganggu tumbuhan serta pengawasan dan pengendalian mutu pangan dan pakan, ketahanan pangan, produk rekayasa genetik hewan dan tumbuhan tanaman liar.

“Selain itu kita juga mengenalkan kepada masyarakat, program-program strategis Karantina di antaranya peningkatan kompetensi sumber daya manusia, revitalisasi laboratorium serta digitalisasi pelayanan,” jelas Hari.

Baca Juga:  Jelang Laga Timnas Indonesia Penjualan Kaos Timnas dan Pernak Pernik Sepak Bola Naik Hingga 200 Persen

Siti Khodijah, warga Desa Semambung Kecamatan Gedangan terlihat berbelanja di bazaar murah. Ia tidak sendiri. Siti nampak berbelanja dengan empat tetangganya.

“Ini saya berbelanja dua kantong beras kemasan lima kilogram. Ini jauh lebih murah. Di pasaran sekitar Rp 73 ribu per kantong. Nah di sini cuma Rp 67 ribu. Lumayan khan selisihnya?” katanya.

Selain belanja beras, Siti juga terlihat memborong minyak goreng serta membeli buah melon serta bumbu dapur.  Karantina Jatim akan menggelar aksi kemanusiaan berupa donor darah yang terbuka untuk umum, Rabu (16/10/2024). (sat)