Khofifah Ajak Pekerja Pabrik Kopi Kapal Api Bernyangi Bergoyang dan Bersholawat

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Calon Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, mengunjungi PT Santos Jaya Abadi, produsen Kopi Kapal Api, di Kecamatan Taman, Senin (7/10/2024) sore. Calon Gubernur Jatim nomor urut 2 ini mengajak ratusan pekerja di sana bernyanyi dan bergoyang.

Ini adalah kesekian kalinya Khofifah melakukan kampanye di pabrik. Seperti biasanya, Khofifah selalu diserbu buruh-buruh perempuan yang dikunjungi, demikian pula saat di pabrik produsen kopi Kapal Api tersebut.

Begitu tiba, para buruh perempuan langsung menyalami dan meminta foto selfie. Beberapa kali mantan Menteri Sosial itu melayani para buruh yang meminta foto selfie.

Saat kegiatan di pabrik kopi ini, Khofifah hanya menyampaikan pidato pendek. Dia lebih banyak mendoakan agar para buruh sehat dan sejahtera.

Baca Juga:  Ratusan Kyai di Jawa Timur Dukung Paslon Cagub-Cawagub Khofifah Indar Parawansa - Emil Elestianto Dardak

“Semoga sehat semuanya, sehat lahirnya, sehat batinnya, sehat dompetnya,” kata Khofifah yang disambut kata amin oleh para buruh.

Selanjutnya Khofifah menanyakan, pada 27 November 2024 nanti mencoblos siapa. Khofifah mengingatkan untuk tidak lupa mencoblos nomor 2 yaitu pasangan dirinya dengan Emil.

Khofifah justru mengajak para buruh berdiri dan mendekat panggung saat dia menyanyikan lagu Melayu berjudul Ikan Dalam Kolam. Sontak para buruh perempuan itu bergoyang bersama.

Baca Juga:  Pemkab Sidoarjo dan Baznas Sidoarjo Berikan Bantuan Sembako Kepada Korban Kebakaran Pasar Krian

Tidak puas dengan satu lagu Melayu tersebut, Khofifah juga mengajak pekerja bersholawat. Khofifah turun mendekati para pekerja sambil bersholawat. Sesekali mic yang dipegang Khofifah diberikan kepada pekerja untuk bersholawat.

Di akhir acara, Khofifah meminta para pemain musik untuk menyanyikan lagu “Rungkat”. Saat dinyanyikan lagu ini, Khofifah bersama petinggi pabrik, pimpinan organisasi SPSI dan para buruh melakukan foto selfie bersama. Setelah foto, para buruh kembali berjoget mengikuti irama lagu Rungkat.

Baca Juga:  Kemenkeu Mengajar 9 Edukasi Literasi Keuangan kepada Ribuan Siswa di 6 Sekolah Se-Malang Raya

“Sosialisasi seperti ini perlu terus dilakukan. Yaitu sosialisasi waktu pencoblosan dan tentu saja pasangan nomor 2 Khofifah Indar Parawansa – Emil Dardak. Di banyak tempat, saya merasakan sosialisasi seperti masih harus dilakukan bersama-sama di semua elemen, semua lini,” kata Khofifah.

Salah satunya dengan mengunjungi pabrik seperti di PT Santos Jaya Abadi tersebut. Khofifah menilai pabrik ini salah satu yang kuat yang tidak terpengaruh deflasi. Dibuktikan tidak ada pengurangan pekerja atau PHK di sana.

“Bila nanti kembali terpilih, saya akan melakukan monitoring kepada perusahaan, khusunya terkait deflasi yang berimbas kepada ketersediaan lapangan pekerjaan,” imbuh Khofifah. (sat)