Kemenkeu Mengajar ke-9 di Sidoarjo Hadir di SD Muhammadiyah 1 Candi Labschool Umsida, SMPIT Insan Kamil, dan SMK Telkom Sidoarjo

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Program Kementerian Keuangan Republik Indonesia (Kemenkeu) Mengajar kembali digulirkan tahun ini. Pelaksanaan tahun ini serentak dilakukan di berbagai daerah di Indonesia, Senin (7/10/2024).

Kemenkeu Mengajar tahun ini di Sidoarjo bertempat di SD Muhammadiyah 1 Candi Labschool Umsida, SMPIT Insan Kamil, dan SMK Telkom Sidoarjo.

Kemenkeu Mengajar tahun ini merupakan yang ke sembilan, sejak pertama kali digulirkan pada 2016. Tahun ini mengambil tema “Peran APBN dalam mewujudkan Kecerdasan, Kesehatan, dan Kesejahteraan”.

Baca Juga:  Kemenkeu Mengajar 8 di Surabaya, Sekolah Antusias Menyambut, Relawan Datang dari Makassar, Denpasar, Manado, Tenggarong hingga Kupang

Dalam rilis yang disampaikan, pelaksana kegiatan ini adalah para relawan yang terdiri dari pegawai Kementerian Keuangan gabungan dari beberapa Unit Eselon 1 Kementerian Keuangan yang berada di Wilayah Kabupaten Sidoarjo.

Sedangkan yang ditunjuk sebagai Koordinator Daerah adalah Irawan Budiono, Kepala Seksi Pengawasan VI di KPP Pratama Sidoarjo Utara.

Irawan Budiono menyampaikan tujuan Kemenkeu Mengajar ini di antaranya mengenalkan pengelolaan keuangan negara (APBN) kepada siswa sesuai jenjang mulai SD sampai SMA.

Baca Juga:  Direktorat Jenderal Pajak Luncurkan Simulator Coretax
Baca Juga:  Kantor Pelayanan Pajak Pratama Sidoarjo Utara Gelar Forum Konsultasi Publik Standar Pelayanan

“Juga mengenalkan direktorat yang ada di Kemenkeu dan menyampaikan kisah kisah inspiratif penugasan pegawai Kemenkeu di berbagai pelosok negeri,” ujar Irawan Budiono.

Pada Kemenkeu Mengajar tahun ini juga dilibatkan mahasiswa Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN. “Juga ikut dilibatkan pada kegiatan ini kawan kawan PKN STAN untuk mengenalkan jurusan-jurusan terbaru di STAN, sekaligus tips dan trik untuk masuk ke kampus STAN. Tahun ini kita libatkan juga tim Lab BC (Bea Cukai) dan tim anjing pelacak K9 BC,” paparnya.

Seluruh pembiayaan Kegiatan Kemenkeu Mengajar ini murni dari iuran para relawan dan penjualan merchandise, tidak menggunakan DIPA APBN sama sekali.

Di Kabupaten Sidoarjo, Kemenkeu Mengajar ke-9 diikuti Kepala Kantor Wilayah DJBC Jawa Timur 1, Untung Basuki, beserta para pejabat eselon 3 Kementerian Keuangan yang juga menjadi relawan di kegiatan ini. (*)