Piala Dunia Futsal 2024
Brasil Raih Juara Piala Dunia Futsal Keenam, Usai Kalahkan Argentina di Final Piala Dunia Futsal 2024

SURYAKABAR.com – Brasil merebut juara Piala Dunia Futsal 2024, setelah di final menang tipis 2-1 atas Argentina di Humo Arena Tashkent Uzbekistan, Minggu (6/10/2024) malam WIB.

Ini menjadi gelar ke enam Brasil. Sebelumnya Brasil merebut juara Piala Dunia Futsal pada 1989, 1992, 1996, 2008 dan 2012.

Mengawali pertandingan Brasil langsung tancap gas. Serangan bergelombang dilakukan Brasil mengancam gawang Argentina yang dikawal Nicolas Sarmiento.

Gol pembuka Brasil lahir dari set piece tendangan bebas menit 5. Brasil mendapat tendangan bebas dari sudut sempit di sisi kanan pertahanan Argentina.

Baca Juga:  Road to Final Piala Dunia Futsal 2024: Brasil Vs Argentina

Tendangan bebas dilakukan Marcenio. Bola melaju kencang mengarah ke tiang dua dan langsung disambut Ferrao dengan kaki kanan menjebol gawang Sarmiento. Padahal, posisi Ferrao dalam kawalan ketat Sebastian Corso.

Usai kebobolan Argentina bangkit. Beberapa peluang dimiliki Kevin Arrieta dkk. Berkat penampilan cemerlang kiper Willian, peluang-peluang Argentina mampu digagalkan.

Upaya Argentina menyamakan kedudukan menemui kebuntuan. Malah Brasil menambah gol menit 12 lewat Rafa Santos meneruskan umpan Felipe Valerio ke tiang dua. Skor 2-0 untuk keunggulan Brasil bertahan hingga babak pertama berakhir.

Baca Juga:  Brasil Susah Payah Kalahkan Ukraina di Semifinal Piala Dunia Futsal 2024

Di babak kedua kiper Willian kembali beberapa kali melakukan penyelamatan membuat Argentina kesulitan mengejar ketinggalan gol.

Akhirnya Argentina memainkan powerplay ketika pertandingan menyisakan waktu enam menit dengan menempatkan Luciano Gauna sebagai kiper terbang.

Karena kurang efektif, Gauna digantikan Matias Rosa sebagai kiper terbang. Hasilnya, Rosa berhasil mencetak gol menit 38 untuk mengubah skor menjadi 2-1.

Baca Juga:  Pelatih dan Manajer Tim Futsal Jatim di PON 2024 Aceh Sumut Prediksi Brasil Rebut Juara Piala Dunia 2024
Baca Juga:  Hasil Pertandingan Semifinal Piala Dunia Futsal 2024, Argentina Hentikan Tim Debutan Perancis

Di sisa waktu yang ada gempuran Argentina bertubi-tubi mengancam gawang Brasil, namun hingga waktu pertandingan habis skor tetap tidak berubah 2-1 untuk kemenangan Brasil.

Argentina pada tiga edisi terakhir Piala Dunia selalu menembus final. Pada Piala Dunia 2016 merebut juara, setelah menang 5-4 atas Rusia dan pada Piala Dunia 2021 kalah 1-2 dari Portugal.

Sementara pada perebutan peringkat ketiga, Ukraina menang  7-1 atas Perancis. Tujuh gol Ukraina dicetak Ihor Cherniavskyi menit 10, Mykhailo Zvarych menit 21, Yevhenii Zhuk menit 26 dan 27, Danyil Abakshyn menit 29, 29 dan 32. Gol tunggal Perancis dilesakkan Ayoub Saadaoui menit 22.

Bagi kedua tim, hasil ini merupakan pencapaian tertinggi mereka. Sebelumnya prestasi tertinggi Ukraina menempati peringkat keempat pada Piala Dunia 1996 sedang Perancis menjalani Piala Dunia 2024 ini sebagai tim debutan yang langsung menembus empat besar. (es)