Kualifikasi Piala Asia U-20 2025
Ini Prestasi Tim AFF di Kualifikasi Piala Asia U-20 2025, Indonesia Paling Bagus, Vietnam dan Malaysia Tidak Lolos

SURYAKABAR.com – Timnas Indonesia U-20 menjadi satu-satunya tim dari Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF) yang berhasil merebut juara grup di kualifikasi Piala Asia U-20 2025.

Tim asuhan Indra Sjafri finis sebagai juara Grup F mengumpulkan tujuh poin, hasil menang 4-0 atas Maladewa dan menundukkan Timor Leste 3-1 serta imbang 1-1 melawan Yaman.

Sukses itu mengantar Timnas Indonesia U-20 lolos ke Piala Asia U-20 2025 di China, 6-23 Februari 2025. Babak kualifikasi Piala Asia U-20 2025 meloloskan 10 tim juara grup dan lima tim runner up terbaik.

Selain Indonesia, tim dari AFF yang lolos ke Piala Asia U-20 2025 yakni Thailand dan Australia. Namun, Thailand lolos sebagai runner up terbaik urutan keempat dan Australia runner up terbaik urutan ketiga.

Baca Juga:  Ini Daftar Tim Lolos ke Piala Asia U-20 2025

Bagaimana dengan Vietnam dan Malaysia? Kedua tim ini harus gigit jari dan akan menjadi penonton di Piala Asia U-20 2025, setelah langkah mereka kandas di kualifikasi.

Vetnam finis sebagai runner up terbaik urutan 6. Padahal, Vietnam di kualifikasi ini menjadi tuan rumah Grup A. Juara Grup A direbut Syria yang berhasil menyapu bersih kemenangan di empat pertandingan.

Baca Juga:  Timnas Indonesia U-20 Lolos ke Piala Asia U-20 2025, Ini Hasil Lengkap Pertandingan dan Klasemen Akhir

Sementara Malaysia yang bermain di Tajikistan finis di posisi keempat klasemen akhir dari lima tim yang bermain di Grup E. Juara Grup E menjadi milik Korea Utara, runner up Oman dan Tajikistan di posisi ketiga. Sri Lanka juru kunci Grup E.

Tim-tim lain dari AFF, Kamboja finis sebagai runner up terbaik urutan delapan, Timor Leste yang satu grup dengan Indonesia menempati peringkat tiga klasemen akhir Grup F.

Baca Juga:  Hasil Pertandingan Piala Dunia Futsal 2024, Ukraina Lolos ke Semifinal Kalahkan Venezuela dan Ketemu Brasil

Laos yang menjadi tuan rumah Grup G berada di peringkat tiga klasemen akhir. Filipina dan Brunei yang satu grup dengan Thailand di Grup H finis di posisi ketiga dan keempat klasemen akhir. Myanmar juru kunci Grup I dan Singapura juri kunci Grup J. (es)

HASIL TIM AFF DI KUALIFIKASI PIALA ASIA U-20 2025
LOLOS
1. Indonesia (Juara Grup F)
2. Australia (Runner Up Terbaik 3)
3. Thailand (Runner Up Terbaik 4)

TIDAK LOLOS
1. Vietnam (Runner Up Grup A)
2. Kamboja (Runner Up Grup B)
3. Malaysia (Peringkat 4 Grup E)
4. Timor Leste (Peringkat 3 Grup F)
5. Laos (Peringkat 3 Grup G)
6. Filipina (Peringkat 3 Grup H)
7. Brunei (Peringkat 4 Grup H)
8. Myanmar (Peringkat 4 Grup I)
9. Singapura (Peringkat 4 Grup J)