Piala Dunia Futsal 2024
Brasil Ke Semifinal Piala Dunia Futsal 2024, setelah Kalahkan Maroko

SURYAKABAR.com – Juara Piala Dunia Futsal lima kali, Brasil lolos ke semifinal Piala Dunia Futsal 2024, setelah di perempat final memetik kemenangan 3-1 atas Maroko di Bukhara Universal Sports Complex, Uzbekistan, Minggu (29/9/2024) malam WIB. 

Menghadapi Maroko, satu-satunya wakil Afrika yang tersisa di babak perempat final, Brasil menemui kesulitan mencetak gol di awal pertandingan.

Brasil membuka keunggulan saat laga memasuki menit 11 dari tendangan voli kaki kiri Marcel menyambut bola lambung dari sepak pojok.

Ini merupakan gol ke-10 Marcel di Piala Dunia 2024 sekaligus menempatkannya sebagai top skor sementara. Marcel unggul tiga gol dari pemain Argentina Alan Brandi yang mencetak tujuh gol.

Baca Juga:  Ini Jadwal Perempat Final Piala Dunia Futsal 2024, Persaingan Amerika Selatan Kontra Eropa

Bahkan dari lima laga yang dijalani Brasil mulai fase grup, Marcel empat kali mencetak gol pembuka bagi Brasil. Hanya saat Brasil menang 8-1 atas Kroasia, gol pembuka Brasil dicetak Pito.

Brasil menggandakan keunggulan menit 17 dari gol yang dicetak Leandro Lino memaksimalkan umpan Neguinho. Skor 2-0 untuk keunggulan Brasil bertahan hingga babak pertama berakhir.

Di awal babak kedua, sedikitnya ada tiga peluang dimiliki Brasil, namun gagal menghasilkan gol. Baru pada menit 28 Dyego mencetak gol ketiga Brasil.

Berada di sisi kanan pertahanan Maroko hanya beberapa meter di luar circle, Dyego menguasai bola dihadang Otmane Boumezou.

Baca Juga:  Brasil Kalahkan Kosta Rika di 16 Besar Piala Dunia Futsal 2024, Berpeluang Hadapi Iran di Perempat Final

Dyego mempermainkan bola mengelabui Boumezou dan kemudian melepas tendangan keras dari luar circle gagal ditepis kiper Maroko, Youssef Bensellam.

Tertinggal tiga gol, Maroko merespons dengan memainkan powerplay. Boumezou diplot menjadi kiper terbang. Gelombang serangan Maroko bertubi-tubi mengancam gawang Brasil, namun menemui kebuntuan.

Baca Juga:  Juara Piala Dunia Dua Kali Spanyol Tersingkir di 16 Besar Piala Dunia 2024, setelah Dikalahkan Venezuela

Akhirnya gol Maroko dari skema powerplay ini tercipta menit 34 yang dicetak kiper terbang Boumezou, setelah mendapat umpan panjang yang dilepas Anas El Ayyane.

Ini merupakan gol ketiga yang bersarang di gawang Brasil pada Piala Dunia 2024. Dua gol sebelumnya dicetak Marinovic dari Kroasia dan pemain Thailand Osamanmusa.

Sukses mencetak gol, Maroko tetap memainkan powerplay. Ini memaksa Brasil bertahan total dan hanya melakukan counter attack. Namun, hingga laga usai Maroko maupun Brasil gagal menambah gol, sehingga skor akhir 3-1 untuk kemenangan Brasil. (es)