Piala Dunia Futsal 2024
Pelatih dan Manajer Tim Futsal Jatim di PON 2024 Aceh Sumut Prediksi Brasil Rebut Juara Piala Dunia 2024

SURABAYA, SURYAKABAR.com – Piala Dunia Futsal 2024 memasuki babak perempat final, Minggu (29/9/2024). Delapan tim yang lolos ke perempat final yakni empat tim dari Conmebol atau Amerika Selatan, Brasil, Argentina, Venezuela dan Paraguay, tiga tim dari UEFA (Eropa), Perancis, Ukraina dan Kazakhstan dan satu tim dari Afrika Maroko.

Memprediksi siapa yang bakal tampil merebut juara Piala Dunia Futsal 2024, Ambar Supriyanto, Pelatih Futsal Jatim di PON XXI 2024 Aceh Sumut menyebut Brasil.

“Dari bagan drawing, Brasil lebih diuntungkan dibanding tim unggulan lainnya semisal Argentina. Brasil di babak delapan besar ketemu Maroko. Jika menang di semifinal Brasil akan menghadapi pemenang perempat final antara Ukraina melawan Venezuela. Ini berbeda dengan Argentina yang langsung ketemu Kazakhstan dan jika menang di semifinal ketemu pemenang Perancis kontra Paraguay,” ujar Ambar Supriyanto menjawab suryakabar.com, Minggu (29/9/2024).

Baca Juga:  Futsal Putra Jatim Raih Medali Perak PON XXI 2024 Aceh Sumut, Kaltim Rebut Emas, Banten Dapat Perunggu

Menurut Supri, panggilan Ambar Supriyanto, terlepas Brasil diuntungkan dari sisi bagan pertandingan mulai perempat final, kualitas Brasil memang lebih bagus dibanding tim-tim lain yang lolos ke perempat final.

“Brasil tim bagus. Secara individu bagus, sistem juga bagus dibanding tim lain. Per individu satu lawan satu ketika offense maupun defense, pemain Brasil masih lebih bagus,” urainya.

Dari sembilan kali edisi Piala Dunia, Brasil tercatat paling banyak mengoleksi gelar juara yakni lima kali (1989, 1992, 1996, 2008 dan 2012), Spanyol dua kali (2000, 2004), Argentina dan Portugal masing-masing satu kali. Argentina juara Piala Dunia 2016 sedang Portugal merebut juara Piala Dunia 2021.

Memasuki babak perempat final tinggal Brasil dan Argentina yang masih bertahan, sedang Spanyol dan Portugal tersingkir di babak 16 Besar.

Baca Juga:  Brasil Kalahkan Kosta Rika di 16 Besar Piala Dunia Futsal 2024, Berpeluang Hadapi Iran di Perempat Final

“Finalnya bisa Brasil melawan Argentina. Namun, Kazakhstan bisa menjadi kuda hitam yang mengganjal Argentina. Kazakhstan memiliki kiper Higuita yang perannya sangat vital membantu tim. Saat melawan Spanyol di fase grup yang berakhir imbang 1-1 dan ketika mengalahkan Portugal 2-1 di 16 Besar, Higuita tampil gemilang,” urainya.

Tidak beda jauh dengan Ambar Supriyanto, Manajer Futsal Jatim di PON XXI 2024 Aceh Sumut Arif Johan juga memprediksi final akan mempertemukan dua tim dari Amerika Selatan, Brasil melawan Argentina.

Baca Juga:  Hasil Piala Dunia Futsal 2024, Argentina Lolos ke Perempat Final, setelah Kalahkan Kroasia

“Babak perempat final menjadi persaingan antara tim-tim dari Amerika Selatan dan Eropa, karena hanya satu tim yang diluar itu yakni Maroko dari Afrika. Saya memprediksi tim Amerika Selatan masih mendominasi dan final mempertemukan Brasil melawan Argentina. Juaranya Brasil,” prediksi Arif Johan.

Arif Johan yang mengaku terhibur menyaksikan laga Piala Dunia Futsal 2024 kendati lewat cuplikan pertandingan di Youtube, menilai kualitas individu pemain Brasil dan Argentina lebih bagus dibanding pemain Eropa.

“Level skill individu pemain Brasil dan Argentina lebih bagus dibanding pemain Eropa. Secara tim mereka sangat menyatu,” tandasnya.

Pelatih Ambar Supriyanto dan Manajer Tim Arif Johan membawa futsal Jatim merebut medali perak PON XXI 2024 Aceh Sumut. Sebelumnya duet pelatih dan manajer ini membawa futsal Kota Surabaya dua kali merebut medali emas Porprov Jatim 2019 dan 2022. (es)

JADWAL PEREMPAT FINAL
MINGGU, 29 SEPTEMBER 2024
19.30 WIB – Brasil Vs Maroko
22.00 WIB – Ukraina Vs Venezuela

SENIN, 30 SEPTEMBER 2024
19.30 WIB – Perancis Vs Paraguay
22.00 WIB – Kazakhstan Vs Argentina