SMP Al Falah Darussalam Tropodo Sidoarjo Gelar Puncak Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Ini Beragam Kegiatannya

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – SMP Al Falah Darussalam Tropodo Sidoarjo menggelar puncak Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan melibatkan siswa siswi SD Al Falah Darussalam, Jumat (20/9/2024).

“Puncak Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila kami mengajak siswa siswi kelas 6 SD Al Falah Darussalam. Kolaborasi ini untuk mempererat tali persaudaraan dan keakraban antara siswa SMP Al Falah Darussalam dengan adik-adiknya di SD Al Falah Darussalam,” ujar Mochammad Dony Dermawan, Koordinator Jenjang Kelas 7 SMP Al Falah Darussalam kepada suryakabar.com, Minggu (22/9/2024).

Baca Juga:  SMP Al Falah Darussalam Tropodo Sidoarjo Juara Umum OSAN 2024
Baca Juga:  ITS Dorong 4.587 Lulusan Jadi Pemimpin Hebat dan Bermanfaat Memajukan Indonesia

Kegiatan dimulai pukul 08.00 WIB hingga 11.00 WIB dibuka langsung Kepala Sekolah SMP Al Falah Darussalam Tropodo, Jumain S.Pd.I, M.Pd.I.

Kegiatan P5 di SMP Al Falah Darussalam Tropodo bertema Bhinneka Tunggal Ika dengan sub tema Beda Talenta Satu Indonesia, diawali olahraga pagi kemudian dilanjutkan permainan tradisional dari berbagai daerah di Nusantara.

“Permainan tradisional yang disajikan anak-anak di antaranya engklek, egrang, yoyo. Setelah itu kegiatan dilanjutkan gelar bazar makanan. Berbagai makanan khas Nusantara seperti empek-empek, mie Aceh, nasi goreng, nasi pecel juga ada pisang goreng tersaji di bazar makanan,” urainya.

Baca Juga:  Siswa SMP Muhammadiyah 5 Pucang Surabaya Salurkan Bantuan ke Penjaga Masjid Lewat Program Raseda
Baca Juga:  Ribuan Maba UM Surabaya Suarakan Kesehatan Mental Lewat Melukis Bersama

Akhir acara, kegiatan diisi penampilan siswa-siswi di panggung. Mereka tampil sesuai talenta yang dimiliki. Ini sekaligus menjadi wadah bagi siswa-siswi berani tampil di depan umum.

“Ada yang membawakan lagu-lagu religi seperti lagu Tombo Ati, ada yang menyanyikan lagu-lagu daerah, juga ada yang membawakan tari kecak juga ada yang menampilkan drama cerita Jawa,” paparnya.

Beragam kegiatan yang diikuti 97 murid SMP Al Falah Darussalam dan sekitar 190 murid SD Al Falah Darussalam tersebut, menurut Dony juga untuk menumbuhkan rasa cinta kepada budaya bangsa. “Alhamdullilah anak-anak sangat antusias mengikuti kegiatan mulai dari awal hingga akhir,” tandasnya. (es)