Pj Wali Kota Malang ‘Belanja Masalah’ di Disnaker-PMPTSP dan Bakesbangpol

MALANG, SURYAKABAR.com – Pj Wali Kota Malang Iwan Kurniawan belanja masalah saat berkunjung dalam rangka lanjutan roadshow ke perangkat daerah di lingkungan Pemkot Malang, Kamis (12/9/2024). Kali ini Iwan mengunjungi Disnaker PMPTSP dan Bakesbangpol Kota Malang.

Didampingi Asisten 2 dan Ka. Bappeda Kota Malang, Iwan Kurniawan mendengarkan paparan Kadisnaker PMPTSP, Arif Tri Sastyawan terkait program kerja, target, isu strategis hingga permasalahan yang sedang dihadapi.

Isu penting yang menjadi fokus perhatian Pj Wali Kota Iwan adalah optimalisasi layanan bagi masyarakat Kota Malang yang akan mencari pekerjaan.

“Saya ingin fokus agar target masyarakat pencari kerja dapat terpenuhi; salah satu caranya adalah dengan dilakukan pembinaan dan penguatan terhadap skill serta modal kemampuan untuk mereka mendaftar di perusahaan di Kota Malang,” tuturnya.

Perhatian Iwan Kurniawan juga berfokus pada iklim investasi di Kota Malang. Ia ingin mendapatkan data pelaku usaha yang ada di Kota Malang.

Baca Juga:  Rayakan HUT ke-79, KAI Bikin Rail Clinic and Rail Library di Stasiun Ngebruk Malang

“Saya ingin mengadakan pertemuan bagi pelaku usaha sebagai salah satu stakeholder kami untuk turut memberikan kontribusi dalam program-program prioritas yang sudah dipetakan masalahnya. Bukan berarti hanya 11 itu saja, tetapi 11 itu adalah yang belum terakomodir di rancangan pendanaan daerah,” ujarnya lagi.

Lebih lanjut, Iwan mengatakan, program jangka pendek dan jangka panjang yang telah diintervensi Pemkot Malang serta tidak teralokasi di APBD Kota Malang dapat dikolaborasikan melalui sumber dana lainnya.

Selanjutnya, Pj Wali Kota Iwan juga berkesempatan berkeliling meninjau Mall Pelayanan Publik (MPP) milik Pemkot Malang tersebut sekaligus berdialog dengan masyarakat yang sedang mengantri di booth layanan Dispendukcapil.

Baca Juga:  Pemkab Sidoarjo Beri Bantuan Rp 5 Juta kepada Pedagang Pasar Krian Korban Kebakaran

Kegiatan kemudian dilanjutkan Roadshow ke Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Malang. Dalam rapat koordinasi ini, Pj Wali Kota Iwan memberikan perhatian lebih terhadap pelaksanaan Pilkada di Kota Malang.

“Hajat besar terkait Pilpres dan Pileg saya lihat di media serta laporan kinerja di Kemendagri, ini luar biasa artinya kondusif dan lancar. Maka, saya berharap pelaksanaan Pilkada di Kota Malang harus kita jaga kondusifitas. Kita punya pengalaman sukses penyelenggaraan di Pilpres kemaren,” ucap Iwan.

Selain itu Pj. Wali Kota Iwan juga meminta Bakesbangpol untuk terus memastikan persiapan Pilkada berjalan baik.

Baca Juga:  Pertamina Gelar Workshop Bisnis di Universitas Gadjah Mada

“Rapat koordinasi akan kita gelar dengan jajaran forkompinda untuk kita buka data. Jadi misalnya, kepolisian memberikan data personel yang akan ditempatkan personel di lokasi-lokasi TPS dan pengamanan terhadap pendistribusian logistik ataupun APK. Kemudian melihat data personel dari KPU atau petugas yang akan ditempatkan di TPS, lokasi TPS harus sudah punya datanya. Termasuk tempat penyimpanan logistik dan APK, serta berbagai persiapan sarana prasarana jelang Pilkada nanti,” bebernya gamblang.

Terakhir, Pj Wali Kota Iwan mengingatkan untuk memastikan warga yang telah memiliki hak pilih dapat berpartisipasi dalam Pilkada nanti. Pj. Wali Kota Iwan nantinya memastikan hal ini ke Dispendukcapil.

“Dispendukcapil, harus ada data terkait potensi masyarakat yang sudah bisa memilih atau wajib memilih. Sudah berusia 17 tahun pada saat memilih harus memiliki KTP. Jangan sampai wajib memilih tetapi dia tidak punya KTP sehingga dia tidak bisa memilih,” bebernya. (abs)