Berita Sidoarjo
Pemkab Sidoarjo Gencarkan Kemudahan Perijinan Pelaku UMKM

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Pemkab Sidoarjo memberikan kemudahan berusaha bagi para pelaku UMKM di Kota Delta, di antaranya kemudahan mendapatkan Nomor Induk Berusaha (NIB), Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (SPP-IRT) serta sertifikat halal.

Saat ini pelayanan kemudahan berusaha gencar disosialisasikan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Sidoarjo. Seperti halnya sosialisasi kemudahan berusaha dan pelayanan perijinan untuk UMKM yang dibuka Plt. Bupati Sidoarjo Subandi, di kantor Kecamatan Tulangan, Kamis (5/9/2024).

Menurut Subandi, Pemkab Sidoarjo mendukung keberadaan UMKM di Sidoarjo. Mereka difasilitasi untuk mendapatkan NIB secara online. Mereka juga dipandu dalam pengajuan NIB bagi usahanya melalui aplikasi layanan Online Single Submission Risk Based Approach (OSS-RBA) atau perizinan berusaha berbasis risiko. Hari itu juga selesai. Para pelaku UMKM itu langsung memperoleh NIB.

Baca Juga:  Kadin Jatim Tekankan Edukasi Perpajakan Jadi Program Prioritas

“Mengurus ijin tidak perlu datang ke dinas perijinan, di sini, di kantor Kecamatan Tulangan kita jemput bola, panjenengan bisa mendapatkan NIB disini,”ucapnya kepada ratusan UMKM di Kecamatan Tulangan yang hadir dalam sosialisasi tersebut.

Subandi menambabkan, perlunya NIB dimiliki para pelaku UMKM. Disampaikannya NIB memiliki banyak manfaat. Tidak hanya sebagai bentuk legalitas usaha, namun juga mempermudah akses pendanaan berusaha. Selain itu NIP menjadi titik awal dalam mengurus perijinan berusaha lainnya. Seperti mengurus sertifikat halal.

“Pelaku UMKM wajib memiliki ijin usaha agar usaha memiliki legalitas yang kuat dan diakui sehingga dapat memperluas akses pengembangan usaha,”ucapnya.

Baca Juga:  Bupati Ipuk Terus Salurkan Bantuan Usaha untuk Tingkatkan Pendapatan Pelaku Usaha Mikro

Subandi juga menyampaikan, Pemkab Sidoarjo tengah menyiapkan permodalan usaha bagi ribuan UMKM. Jenisnya dana bergulir berbunga rendah. Hanya 0,2 persen per tahun. Program tersebut digulirkan tahun depan. Ia berharap seluruh pelaku UMKM di Sidoarjo dapat memanfaatkannya.

“Kalau kemarin ada program Kurma (Kelompok Usaha Perempuan Mandiri), tahun depan ada program dana bergulir berbunga rendah yang bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan usaha panjenengan,” ucapnya.

Endang pelaku UMKM dari Desa Modong smenyambut baik program jemput bola penerbitan NIB seperti ini. Menurutnya, teman-teman sesama pelaku UMKM akan terbantu dengan program tersebut.

Mengurus NIB dapat dengan mudah. Dirinya sudah membuktikannya. NIB usaha minuman kemasan yang digelutinya langsung terbit saat program yang sama digelar di Kecamatan Tulangan beberapa waktu lalu.

Baca Juga:  444 Mahasiswa Surabaya Lolos Seleksi Beasiswa Pemuda Tangguh 2024

“Kemarin ada kolektif pengajuan NIB, prosesnya mudah dan langsung jadi, cukup dengan KTP atau dengan NPWB, data-data dimasukkan (OSS-RBA) langsung jadi,” ucapnya.

Kini Endang sedang mencari tahu penerbitan sertifikat halal. Ia berharap lewat sosialisasi kemudahan berusaha dan pelayana perijinan seperti ini, sertifikat halal untuk usahanya dapat segera dikantonginya.

Ia sampaikan memilki NIB akan menambah keyakinan konsumen terhadap produknya. Apalagi ditambah dengan memilki sertifikat halal.

“Secara tidak langsung, memilki NIP maupun sertifikat halal akan meyakinkan pembeli kita,” tutupnya. (sat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *