Pilkada 2024
Pasangan Cabup dan Cawabup Sidoarjo Jalani Tes Kesehatan di RSUD Dr Soetomo Surabaya

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Usai mendaftar ke KPU Sidoarjo, Kamis (29/8/2024), dua pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Sidoarjo, Subandi – Mimik Idayana dan Achmad Amir Aslichin – Edi Widodo menjalani tes kesehatan di RSUD Dr Soetomo, Surabaya, Sabtu (31/8/2024).

Di rumah sakit milik Pemprov Jatim ini,  pasangan Cabup dan Cawabup Sidoarjo tersebut menjalani tes kesehatan bersama bakal calon kepala daerah dari kabupaten dan kota lain, termasuk, bakal calon Gubernur dan bakal calon wakil Gubernur Jatim.

Terlihat Tri Rismaharini dan pasangannya, Gus Hans atau Zahrul Azhar Asumta. Ada pula bakal calon gubernur Luluk Nur Hamidah, dan bakal calon wakil gubernur Lukmanul Hakim.

Baca Juga:  Didukung Sembilan Partai Mas Iin Daftar ke KPU Sidoarjo, Optimistis Raih 80 Persen Suara

Komisioner KPU Sidoarjo Divisi Teknis dan Penyelenggaraan, Haidar Mundjid mengatakan, pemeriksaan kesehatan direncanakan berlangsung dua hari. Jadwalnya dibagi antara pemeriksaan fisik dulu atau jiwa dulu.

Menurutnya, jika hari ini pasangan bakal calon menjalani pemeriksaan kesehatan fisik, maka pemeriksaan jiwa dilakukan hari besoknya. ”Jadi prosesnya bergantian seperti itu,” ungkap Haidar saat berada di RSUD Dr Soetomo, Sabtu (31/8/2024).

Baca Juga:  Pasangan Subandi-Mimik Idayana Daftar ke KPU Komitmen Wujudkan Pemerintahan Sidoarjo Bebas Korupsi
Baca Juga:  Ribuan Mahasiswa Sidoarjo Dapat Beasiswa Pendidikan

Haidar menambahkan, semua pasangan bacabup dan bacawabup Sidoarjo sudah hadir. ”Jadwal pemeriksaan mulai pukul 07.00 sampai pukul 16.00,” kata mantan Ketua Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Sidoarjo itu.

Sementara itu Ketua KPU Sidoarjo Fauzan Adhim menjelaskan, pemeriksaan dilakukan di RSUD Dr Soetomo berdasar rekomendasi Dinas Kesehatan Sidoarjo.

Ada tiga lokasi yang direkomendasikan. Masing-masing RSUD R. Notopuro Sidoarjo, RSAL dr Ramelan Surabaya, dan RSUD Dr Soetomo Surabaya.

”Ada pula rekom bahwa pemeriksaan kesehatan bisa dilakukan di rumah sakit yang menjadi tempat pemeriksaan sebelumnya. Pilkada lalu di RSUD Dr Soetomo,” kata Fauzan Adhim.

Setelah pendaftaran dan pemeriksaan, proses selanjutnya penelitian administrasi para bakal calon. Di antaranya, pemeriksaan ijazah dan dokumen-dokumen lain.

“Penetapan calon akan dilakukan KPU Sidoarjo pada 22 September 2024 mendatang,” tutup Fauzan. (sat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *