SMA Progresif Bumi Shalawat Sidoarjo Gelar Peringatan HUT Kemerdekaan Bertemakan Budaya Nusantara

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Sekitar seribu pelajar SMA Progresif Bumi Shalawat Sidoarjo mengikuti lomba yel-yel bertemakan budaya nusantara dengan mengenakan baju adat. Kegiatan yang digelar di halaman sekolah ini merupakan salah satu agenda Peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI.

Waka Kurikulum SMA Progresif Bumi Shalawat, Mochammad Iqbal Alfarisi menuturkan, kegiatan ini diikuti semua murid SMA di semua tingkatan.

“Lomba yang diikuti semua murid ini untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan. Setiap tahun, tema yang diambil berbeda. Tahun ini kami mengambil tema budaya,” terangnya, Jumat (16/8/2024) pagi.

Baca Juga:  Ini Beragam Kegiatan SMP Al Falah Darussalam Tropodo Sidoarjo Menyemarakkan Agustusan HUT 79 Kemerdekaan RI

Menurutnya, para murid diminta merepresentasikan budaya nusantara lewat ciri khas unik yang biasanya dipakai masing-masing daerah di nusantara.

“Kegiatan ini tak hanya diikuti para murid namun semua guru juga memakai baju adat yang beragam. Tema yang kami ambil disesuaikan dengan tema nasional yakni Nusantara Baru Indonesia Maju,” ucapnya.

Ia menambahkan, dengan tema yang diambil, para murid lebih mengenal dan mengetahui lebih dalam budaya nusantara sangat beragam, unik dan menarik.

Baca Juga:  SMKN 1 Sidoarjo jadi Tempat Pengenalan Lingkungan Persekolahan 21 Mahasiswa Unesa
Baca Juga:  Smamda Surabaya Terima Pelajar asal Belgia, Berniat Belajar Agama, Bahasa, dan Budaya

“Ini merupakan salah satu cara kami membentengi para murid dari westernisasi, agar mereka semakin mencintai budaya sendiri yang tak kalah hebatnya dengan budaya asing,” imbuhnya.

Maulana Ikbal, Ketua OSIS SMA Progresif Bumi Shalawat mengatakan, persiapan untuk mengikuti aneka lomba yang berakhir hari ini sekitar dua minggu.

“Kami mengikuti kegiatan ini dengan gembira sekaligus menumbuhkan cinta tanah air dengan keberagaman budayannya,” ucapnya. (sat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *