ASEAN University Games 2024
Indonesia Selangkah Lagi Juara Umum ASEAN University Games 2024

MALANG, SURYAKABAR.com – Kontingen Indonesia selangkah mengunci status juara umum ASEAN University Games 2024 usai mendapatkan tambahan empat medali emas dari cabang olahraga taekwondo dan atletik pada Rabu (3/7/2024) sore.

Taekwondoin Raihan Muhammad Bastam (-63kg putra) dan taekwondoin Silvana Lamanda (-62kg putri) mempersembahkan medali emas saat tampil di Universitas Brawijaya, Malang, Rabu (3/7/2024).

Bastam mengamankan medali emas usai unggul dua ronde melawan Sritimongkol Napat (Thailand). Sementara Silvana unggul 2-1 dari Sukhamon Pacharaporn (Thailand).

Sedangkan dua keping emas lainnya diberikan pelari 1.500m putra Wahyudi Putra dan pelompat jauh Vinsensia Awutet Amjaram di Lapangan Atletik Universitas Negeri Surabaya.

Baca Juga:  Sepak Takraw Indonesia Sumbang Emas ASEAN University Games 2024

Hasil ini menambah torehan emas yang didapat pada sesi pagi hari melalui penampilan sepak takraw nomor quadrant putra. Dengan demikian, Kontingen Indonesia kian kokoh berada di ranking satu klasemen sementara AUG 2024 dengan 84 emas.

“Alhamdulillah posisi kita semakin kuat di klasemen, dan peluang menjadi juara umum kian besar. Namun, kita tidak boleh jemawa, mengingat masih ada medali yang diperebutkan sampai 6 Juli 2024. Saya berpesan kepada para atlet untuk jangan lengah, jaga fokus dan motivasi merebut medali emas yang tersisa,” kata Del Asri, Ketua Kontingen Indonesia.

Baca Juga:  Pacific Caesar Surabaya Telan Kekalahan dari Juara Bertahan Prawira Harum Bandung di IBL Tokopedia 2024
Baca Juga:  Berstandar Internasional, UMM Jadi Tuan Rumah Pencak Silat ASEAN University Games 2024

Del Asri mengatakan, hasil positif tersebut didapat berkat kerja keras atlet dan pelatih yang didukung penuh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Belmawa Dikti), Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), dan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

“Ini berkat dukungan maksimal yang diberikan semua pihak sehingga atlet dan pelatih bisa fokus pada pertandingan dan meraih prestasi terbaik dengan menyediakan tim pendukung sports science yang terdiri dari dokter spesialis kesehatan olahraga, psikolog olahraga, fisioterapi, paramedik dan masseur,” tambah Del Asri.

Raihan medali emas Kontingen Indonesia, Rabu (3/7/2024) dari sepak takraw nomor Men’s Quadrant yang diraih Muhammad Hafizh dkk, taekwondoin Raihan Muhammad Bastam (-63kg putra), taekwondoin Silvana Lamanda (-62kg putri), Wahyudi Putra (atletik 1.500m putra) dan Vinsensia Awutet Amjaram (atletik lompat jauh putri). (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *