Berita Sidoarjo
Panen Raya Harga Melon di Tingkat Petani Sidoarjo Turun

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Berbuah sangat banyak dan buahnya cukup bagus dialami petani melon di Desa Pilang, Kecamatan Wonoayu, Sidoarjo. Seharusnya kondisi ini membuat petani tersenyum karena buahnya bagus tidak terserang hama ulat ataupun busuk.

Arif salah satu petani melon mengungkapkan, panen saat ini buah yang dihasilkan dari sekitar dua setengah hektar lahan miliknya jumlahnya sangat banyak, namun harganya justru turun. Ini disebabkan adanya panen raya di Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Dari satu hektar lahannya, dirinya mampu memanen buah melon hingga 40 ton. “Walaupun buahnya bagus namun harga melon murah di pasaran karena semua petani melon di Jawa Timur hingga Jawa Tengah saat ini tengah panen raya,” kata Arif, Selasa (2/7/2024).

Baca Juga:  Mahasiswi Ottimmo Buat Beras Merah Analog dari Umbi Porang dan Kulit Buah Naga

Menurutnya, harga melon bulan kemarin masih lumayan tinggi sekitar 8 ribu hingga 10 ribu rupiah perkilogram dari petani ke tengkulak. Namun saat ini harganya justru anjlok menjadi 7 ribu rupiah perkilogram.

Panen kali ini, Arif akan mengirim melon ke beberapa pasar buah di Surabaya dan Pasar Porong Sidoarjo dan sebagian akan dikirim ke luar kota seperti Jakarta dan Tangerang.

Baca Juga:  Mahasiswa UMM Ciptakan Alat Kontrasepsi Nabati dari Buah Leunca
Baca Juga:  Menteri BUMN : HUT RI di IKN Gunakan Listrik Hijau

“Saya berharap agar di panen berikutnya bulan depan, harga buah melon kembali stabil Rp 10 ribu rupiah perkilogramnya,” tuturnya.

Di Sidoarjo, lahan pertanian buah tersebar di beberapa tempat seperti di Desa Lebo, Kecamatan Sidoarjo, Tulangan hingga Porong Sidoarjo. Tidak hanya mampu memenuhi pasar buah di dalam kota saja, para petani juga ‘mengekspor’ hasil panennya hingga ke luar kota bahkan ke luar pulau. (sat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *