ASEAN University Games 2024
Indonesia Pimpin Klasemen Sementara ASEAN University Games 2024 dengan 164 Medali

SURABAYA, SURYAKABAR.com – Kontingen Indonesia meraih 164 medali dan memimpin klasemen sementara di ajang ASEAN University Games (AUG) 2024, unggul jauh dari negara-negara ASEAN lainnya.

Hingga, Senin (1/7/2024) pukul 23.00 WIB, perolehan 164 medali Indonesia terdiri atas 71 emas, 56 perak, dan 37 perunggu.

Jumlah itu terpaut jauh dengan Thailand yang berada di urutan kedua dengan perolehan 54 medali, terdiri atas 24 emas, 20 perak, dan 10 perunggu.

Urutan ketiga ditempati Malaysia dengan perolehan 59 medali, terdiri atas 14 emas, 17 perak, dan 28 perunggu.

Singapura menempati posisi keempat dengan perolehan 43 medali, terdiri atas 7 emas, 18 perak, dan 18 perunggu.

Baca Juga:  PROBLEMATIKA KONDISI FISIK PEMAIN SEPAK BOLA INDONESIA (3) : Fondasi Daya Tahan, Kekuatan dan Kecepatan di Usia Grassroots

Ketua Kontingen Indonesia, Del Asri mengatakan, perolehan medali yang diraih Indonesia saat ini merupakan hasil kerja keras para atlet dan pelatih dengan dukungan Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa Dikti), Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), dan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

“Peluang kontingen Indonesia untuk meraih juara umum AUG 2024 semakin besar. Namun, kita tidak boleh lengah,” ujar Del Asri, Senin (1/7/2024).

Meski demikian, Del Asri meminta kepada para atlet dari setiap cabang olahraga (Cabor) yang dipertandingkan, tidak jemawa. Sebab, masih banyak pertandingan yang belum selesai dan masih ada medali yang akan terus diperebutkan hingga 6 Juli 2024.

Baca Juga:  Tenis Indonesia Juara Umum ASEAN University Games 2024, Raih Empat Emas Ungguli Thailand
Baca Juga:  Futsal Indonesia Raih Emas Bekuk Malaysia di Final ASEAN University Games 2024, Thailand Kebagian Perunggu

“Kami berpesan kepada para atlet dan pelatih yang masih belum bertanding jangan lengah, jaga fokus dan motivasi merebut medali emas yang tersisa,” tegasnya.

Ia memastikan, pihaknya memberikan dukungan maksimal kepada para atlet dan pelatih untuk bisa meraih hasil maksimal. Yakni, dengan menyediakan tim pendukung sports science, yang terdiri atas dokter spesialis kesehatan olahraga, psikolog olahraga, fisioterapi, paramedik, dan masseur. (aci) 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *