145.374 Penumpang Naik KA di Daop 8 Surabaya pada Libur Sekolah Periode 24 Juni hingga 30 Juni 2024

SURABAYA, SURYAKABAR.com – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 8 Surabaya mencatat 145.374 penumpang berangkat dari stasiun di wilayah Daop 8 Surabaya.

Jumlah tersebut tercatat mulai 24 hingga 30 Juni 2024, dan meningkat 15 persen dibandingkan periode yang sama sebelumnya, yang tercatat 130.186 penumpang.

Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif mengatakan, pada masa libur sekolah, KAI Daop 8 Surabaya mengoperasikan tiga KA fakultatif pada akhir pekan. Sehingga, total terdapat 48 KA jarak jauh, yang terdiri dari 45 KA jarak jauh reguler, 2 KA jarak jauh tambahan, dan 1 KA lokal komersial tambahan.

“Total kapasitas yang disediakan, yakni 27.921 tempat duduk setiap hari pada akhir pekan. Mayoritas penumpang didominasi dengan KA tujuan Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Jember dan Banyuwangi,” ujar Luqman, Senin (1/7/2024).

Baca Juga:  Bupati Banyuwangi Ipuk Sambut Positif, Kereta Blambangan Ekspres Jakarta-Banyuwangi Meluncur Juli 2024
Baca Juga:  Pendapatan APBN Jatim hingga Mei 2024 Mulai Tumbuh Positif
Baca Juga:  BPS Catat Angka Penduduk Miskin di Jatim Turun Jadi 3,9 Juta Jiwa

Luqman menjelaskan, lima KA jarak jauh paling favorit, yakni KA Argo Bromo Anggrek tujuan Surabaya Pasarturi-Gambir, KA Argo Wilis tujuan Surabaya Gubeng – Bandung, dan KA Sancaka tujuan Surabaya Gubeng – Yogyakarta.

“Kemudian, KA Malabar tujuan Malang – Bandung, dan KA Tawangalun tujuan Malang Kotalama – Ketapang,” jelasnya.

KAI Daop 8 Surabaya mengimbau kepada masyarakat yang akan bepergian menggunakan transportasi kereta api untuk dapat melakukan pemesanan lebih awal.

“Sehingga, dapat memilih tanggal dan juga KA yang diinginkan. Pemesanan dapat dilakukan melalui aplikasi Acces by KAI, website kai.id, maupun channel resmi lainnya,” pungkas Luqman. (aci)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *