Menteri BUMN : HUT RI di IKN Gunakan Listrik Hijau

PENAJAM PASER UTARA, SURYAKABAR.com – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memastikan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur telah beroperasi melistriki kawasan IKN, khususnya untuk peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Erick meminta PLN untuk terus memastikan kesiapan listrik di setiap lokasi peringatan HUT Kemerdekaan RI di IKN ini. Menurutnya, PLTS sudah jadi dan sudah produksi 10 megawatt, dengan kebutuhan IKN sekarang baru satu megawatt.

“Kami ingin PLN, baik melalui PLTS ataupun gardu induknya mampu memasok listik, tak hanya untuk kebutuhan daya total untuk venue upacara HUT Kemerdekaan, tapi juga memastikan pasokan listrik interkoneksi di Kalimantan juga aman,” ujar Erick, Sabtu (29/6/2024).

Baca Juga:  PLTS Tahap 1 Kapasitas 10 Megawatt Sukses Dioperasikan di IKN

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo mengatakan, PLN telah memetakan kebutuhan listrik di IKN, khususnya untuk peringatan HUT Kemerdekaan RI di IKN sebesar 1,5 megawatt.

“PLTS IKN telah beroperasi memasok listrik sebesar 10 megawatt sejak Februari 2024. Kapasitas tersebut akan terus ditingkatkan menjadi 50 megawatt pada akhir 2024. Peringatan HUT RI ini kami pastikan akan dipasok penuh menggunakan listrik hijau dari PLTS IKN,” terangnya.

Darmawan menjelaskan, pada peringatan HUT RI, PLN akan menggunakan skema kelistrikan 4 layer, untuk venue utama, beranda nusantara, perkantoran kawasan inti pusat pemerintahan, bandara, dan penginapan VVIP/ maupun VIP.

Baca Juga:  BI Jatim Gelar Madura DigiCreative Fest 2024 Dorong Digitalisasi Sistem Pembayaran
Baca Juga:  Komentar Erick Thohir Usai Drawing Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia: Memang Berat, Tapi Bola Itu Bundar, Jangan Kasih Kendor

“Pada layer pertama, PLN akan menggunakan Uninterruptible Power Supply (UPS) untuk memastikan listrik andal tanpa kedip. Pada layer kedua dan ketiga, PLN menyiapkan dua jaringan listrik yang bersumber dari dua gardu induk berbeda. Pada layer keempat, PLN juga menyiapkan genset sebagai cadangan pasokan,” jelasnya.

PLN juga telah menyiapkan 16 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang bisa digunakan para pejabat negara, tamu undangan, dan peserta peringatan HUT RI.

“PLN berkolaborasi dengan Bluebird dalam penyediaan SPKLU khusus untuk puluhan shuttle bus yang akan digunakan para peserta peringatan HUT RI di IKN. Kami siap all out menyukseskan peringatan HUT ke-79 RI di IKN dengan menghadirkan layanan energi bersih secara end to end,” pungkasnya. (aci)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *